Bus Wisata Kidang Pananjung Siap Bawa Wisatawan Keliling Purwakarta

Selasa, 26 Februari 2019 - 20:06 WIB
Bus Wisata Kidang Pananjung Siap Bawa Wisatawan Keliling Purwakarta
Bus Wisata Kidang Pananjung siap beroperasi mengantar wisatawan mengunjungi sejumlah spot ikon Kabupaten Purwakarta. Foto/SINDOnews/Asep Supiandi
A A A
PURWAKARTA - Ingin keliling dan melihat ikon Purwakarta, kini tak perlu repot lagi mencari sarana transportasi. Bus Wisata Kidang Pananjung siap mengantarkan wisatawan yang ingin melihat-lihat sejumlah spot ikon daerah ini.

Bus wisata yang mirip dengan Bandung Tour on Bus (Bandros) di Kota Bandung itu, merupakan bantuan dari Pemprov Jabar sebagai sarana transportasi wisata untuk meningkatkan kunjungan wisatawan. "Bus ini akan berkeliling Purwakarta ke sejumlah ikon daerah," kata Wakil Bupati Purwakarta H Aming, Selasa (26/2/2019).

Pemkab Purwakarta, ujar Aming,akan sedikit mengubah dan menambah fasilitas bus tersebut. Di antaranya, memasang pegangan tangan di atap bus. Ada pemandu yang akan menemani wisatawan selama berkeliling Purwakarta. Pemandu ini akan menjelaskan tentang ikon-ikon yang dilintasi.

"Bus wisata ini, diharapkan dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan. Purwakarta akan mendapatkan dua unit Bus Wisata Kidang Pananjung. Namun baru satu yang terealisasi," ujar Aming.

Pengelola Bus Wisata Kidang Pananjung, Ketua DPC Organda Purwakarta Tatan Margandi mengatakan, jam operasional Bus Wisata Kidang Pananjung dari pukul 07.00 WIB-17.00 WIB dengan rute, Alun-alun Purwakarta-Jalur Kota Pasjum-Kemuning-ebon Kolot, Tajug Gede Cilodong, dan kembali lagi mengarah BTN-Situ Buleud dan terakhir Alun-alun.

Untuk tarif pihaknya masih menunggu peraturan bupati (perbup) yang hari ini masih dalam pembahasan. ”Kami menunggu dulu perbup yang lagi dibuat. Diperkirakan tarifnya paling Rp20.000 dewasa dan Rp15.000 pelajar untuk sekali perjalanan," tutur dia.

Sekadar untuk diketahui, dari 27 kabupaten dan kota di Jabar, baru 13 daerah yang mendapat bantuan bus wisata tahap pertama. Yaitu Kota Cimahi, Sumedang, Garut, Kota Cirebon, Kuningan, Kota Depok, Kota Bekasi, Kota Sukabumi, Cianjur, Tasikmalaya, dan Purwakarta.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.8842 seconds (0.1#10.140)