Amerika Serikat Rusuh, Demonstran Sasar Kantor Presiden Trump

Sabtu, 30 Mei 2020 - 11:00 WIB
loading...
Amerika Serikat Rusuh, Demonstran Sasar Kantor Presiden Trump
Demonstran mengepalkan tangan di depan bangunan yang terbakar di sela aksi unjuk rasa menyusul tewasnya George Floyd di Minneapolis, Minnesota, Amerika Serikat, Sabtu dinihari (30/5/2020). Foto/SINDOnews
A A A
WASHINGTON - Dipicu peristiwa pembunuhan George Floyd, seorang warga kulit hitam, oleh anggota kepolisian negara bagian Minneapolis, demonstrasi dan kerusuhan di Amerika Serikat (AS) meluas. Aksi massa bahkan sudah merambah ibu kota Washingston. Sampai-sampai, Gedung Putih dikunci atau lockdown setelah para demonstran pembela pria kulit hitam yang marah di jalanan mendekati kantor Presiden Amerika Serikat (AS) tersebut.

Unjuk rasa meledak tak lama setelah Floyd dibunuh oleh polisi yang menangkapnya di jalanan dengan tuduhan menggunakan uang kertas palsu. Flyod yang sudah tidak berdaya karena leher belakangnya ditindih dengan lutut oleh sang polisi meminta tolong agar himpitan itu diperlongggar supaya bisa bernapas.

(Baca: 2 Bomber Nuklir AS Dicegat Jet Tempur Rusia di Atas Laut Hitam)

Amerika Serikat Rusuh, Demonstran Sasar Kantor Presiden Trump

Secret Service membentuk barikade menahan demonstran di depan Gedung Putih, Washington DC, Amerika Serikat, Jumat (29/5/2020).

Warga yang menyaksikan kejadian itu sudah meminta polisi untuk melepaskan Floyd. Toh, dia tidak memegang senjata api. Namun si polisi bergeming hingga Flyod tak lagi bernapas. Kejadian ini direkam dan videonya tersebar sehingga membangkitkan kemarahan warga di seluruh AS. Ancaman Presiden AS Donald Trump untuk melibatkan militer guna meredam kerusuhan tak diubris.

Di Minneapolis, para demonstran menyerang dan membakar polisi. Di New York, polisi menangkapi para demonstran. Sedangkan di Ibu Kota AS; Washington DC, massa demonstran membanjiri jalan-jalan.

Pejabat Dinas Rahasia (Secret Sevice) menempatkan kediaman Presiden AS dalam siaga tinggi sebagai tanggapan terhadap massa yang berkumpul di Washington DC untuk memprotes kematian pria berumur 46 tahun itu. Mengutip laporan USA Today, Sabtu (30/5/2020), agen Secret Service terlihat menangkap setidaknya satu demonstran di depan Gedung Putih.

(Baca: Makin Panas, China Usir Kapal Rudal AS di Laut China Selatan)

Demo yang berujung dengan kerusuhan juga pecah di Atlanta, di mana para demonstran menghancurkan jendela-jendela di kantor CNN di kota tersebut.

Jurnalis NPR, Tamara Keithm menggambarkan protes keras di seberang jalan dari Gedung Putih, tempat puluhan pemrotes berkumpul untuk meneriakkan; "Saya tidak bisa bernapas!", "Kulit hitam itu penting", dan "Tidak ada keadilan, tidak ada kedamaian".
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1552 seconds (0.1#10.140)