Petani Cimerak Pangandaran Dapat Bantuan 3.000 Benih Pohon Cengkih

Kamis, 21 Februari 2019 - 15:51 WIB
Petani Cimerak Pangandaran Dapat Bantuan 3.000 Benih Pohon Cengkih
Penyaluran benih pohon cengkih. Foto/SINDOnews/Syamsul Maarif
A A A
PANGANDARAN - Petani di Desa Mekarsari, Kecamatan Cimerak, Kabupaten Pangandaran , Jawa Barat, mendapat bantuan 3.000 benih pohon cengkih dari Dinas Pertanian Pangandaran.

Kepala Seksi Pembenihan dan Perlindungan di Dinas Pertanian Kabupaten Pangandaran Mia Rusmiati mengatakan, penyaluran bantuan benih cengkih tersebut dalam rangka meningkatkan produksi tanaman perkebunan. "Cengkih merupakan pohon perkebunan jenis rempah-rempah yang memiliki berbagai manfaat," kata Mia.

Mia menambahkan, benih pohon cengkih yang disalurkan sebanyak 3.000 pohon akan ditanam di lahan petani seluas 30 hektare. "Berdasarkan data kami, lahan seluas 30 hektare tersebut bakal ditanam oleh 62 petani dari Kelompok Tani Muktisari," tambahnya.

Sementara Kepala Seksi Pengolahan dan Pemasaran Perkebunan Ridwan Mulyadi mengatakan, prospek pemasaran hasil cengkih di Pangandaran sangat menjanjikan. "Harga per kilogram bunga cengkih kering di Kabupaten Pangandaran saat ini di kisaran Rp100 ribu," kata Ridwan.

Ridwan menambahkan, rendemen bunga cengkih basah ke kering biasanya rata-rata 2 hingga 5 persen per kilogram. "Taksiran satu pohon cengkih setelah 5 tahun ditanam rata-rata menghasilkan 10 kilogram per musim panen," tambahnya.

Jika dikelola secara maksimal, perkebunan cengkih bisa menjadi sumber penghasilan ekonomi masyarakat di Pangandaran. "Karakter tanah yang ada di Kabupaten Pangandaran termasuk cocok untuk tanaman rempah," papar Ridwan.

Ridwan menjelaskan, saat ini lahan sentra penanaman pohon cengkih dipusatkan di Desa Selasari, Kecamatan Parigi dan Desa Mekarsari, Kecamatan Cimerak.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 6.6002 seconds (0.1#10.140)