16 Dam Parit di Pangandaran Dikerjakan Secara Swakelola

Rabu, 20 Februari 2019 - 09:38 WIB
16 Dam Parit di Pangandaran Dikerjakan Secara Swakelola
Pembangunan 16 unit dam parit yang didanai dari DAK di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, bakal dikerjakan secara swakelola oleh kelompok tani. Foto/SINDOnews/Syamsul Maarif
A A A
PANGANDARAN - Pembangunan 16 unit dam parit yang didanai dari DAK di Kabupaten Pangandaran , Jawa Barat, bakal dikerjakan secara swakelola oleh kelompok tani.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pangandaran Sutriaman mengatakan, tahun 2019 alokasi anggaran untuk pembangunan dam parit di sejumlah kecamatan sebanyak Rp2.210.649.000.

Dalam penganggaran, Sutriaman menerangkan ada yang didanai senilai Rp130 juta dan ada yang didanai senilai Rp135 juta. "Dam parit yang didanai Rp130 juta ada sembilan kelompok tani, sedangkan yang didanai Rp135 juta ada tujuh kelompok tani," kata Sutriaman, Rabu (20/2/2019).

Sementara, Kepala Bidang Tanaman Pangan Hortikultura, Dinas Pertanian Kabupaten Pangandaran Tina Maryana mengatakan, pada tahun 2018 Dinas Pertanian telah membangun 10 unit dam parit yang tersebar di beberapa daerah jalur persawahan warga yang didanai dari DAK.

Tina menuturkan, daerah yang telah dibangun dam parit di antaranya Kelompok Tani Leuwi Liang Kecamatan Cigugur, Kelompok Tani Puncak Jaya Dua, dan Kelompok Tani Pananggapan Kecamatan Padaherang.

Lalu, Kelompok Tani Jadimulya Kecamatan Kalipucang, Kelompok Tani Fajar Tani 2 Kecamatan Cimerak, Kelompok Tani Sari Mekar 1 Kecamatan Parigi, Kelompok Tani Bukit Jaya 2 Kecamatan Pangandaran, Kelompok Tani Itikurih dan Kelompok Tani Sukapura 5 juga Kelompok Tani Alam Jaya Kecamatan Langkaplancar. "Pembangunan dam parit diharapkan bisa mengairi areal pesawahan masyarakat," kata Tina.

Idealnya, lanjut Tina, satu titik lokasi pembangunan dam parit bisa mengairi areal pesawahan masyarakat seluas 25 hektare.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 5.4193 seconds (0.1#10.140)