alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Saan Mustopa Ungkap Survei Internal, Jokowi-Ma'ruf Unggul Tipis di Karawang

Nila Kusuma
Saan Mustopa Ungkap Survei Internal, Jokowi-Maruf Unggul Tipis di Karawang
Capres Nomor Urut 01 Joko Widodo dan Capres Nomor Urut 02 Prabowo Subianto saat Debat Kedua Capres Pemilu 2019, Minggu (17/2/2019) malam. Foto/SINDOnews/Isra Triansyah

KARAWANG - Pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden Joko Widodo-Ma'ruf Amin diyakini bakal memenangi Pilpres 2019 di Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Berdasarkan hasil survei internal, pasangan nomor urut 01 ini berhasil mengungguli pasangan nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

"Dari hasil survei internal yang kami lakukan, untuk beberapa wilayah kabupaten dan kota di Jawa Barat, Jokowi untuk sementara unggul. Kabupaten Karawang sendiri pada pemilu sebelumnya kita kalah dari Prabowo dan sekarang kita unggul tipis. Keberhasilan Jokowi dalam membangun infrastruktur dan pembangunan lainnya menggeser penilaian masyarakat Karawang yang tadinya tidak memilih Jokowi," kata Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Jawa Barat Saan Mustopa, Senin (19/2/2019).

Menurut Saan Mustopa, meski dari hasil survei Jokowi menang tipis di Karawang, diakuinya masih rawan sampai menjelang pemilihan. "Kami masih harus menjalankan beberapa strategi untuk mempertahankan kemenangan ini sampai pencoblosan," ujarnya.



Saan Mustopa mengatakan, seperti di Karawang, beberapa kabupaten dan kota di Jawa Barat yang pada pemilu sebelumnya dimenangkan Prabowo mulai direbut Jokowi. Bahkan, Saan mengklaim wilayah Cirebon, Indramayu, Kuningan, Majalengka, Banjar, Ciamis dan Pangandaran Jokowi masih unggul. "Untuk wilayah Garut, Bogor, dan Depok kita kalah telak dari pasangan Prabowo-Sandi," katanya.

Menurut Saan, wilayah Jawa Barat pemilihnya sangat unik dan sulit diprediksi sehingga perlu dilakukan pemetaan terus menerus. Mengamankan kemenangan di tingkat kabupaten/kota di Jawa Barat harus dilakukan dengan strategi penguatan secara terus-menerus.

"Jadi jangan cepat puas dengan hasil survei yang mengunggulkan kita, harus kita lakukan penguatan untuk mengamankan kemenangan itu," pungkasnya.



(zik)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif