Marak Hoaks, Irvan Nasrun: Gunakan Internet dengan Baik

Sabtu, 16 Februari 2019 - 17:25 WIB
Marak Hoaks, Irvan Nasrun: Gunakan Internet dengan Baik
Head Officer Innovation Center MNC Group Irvan Nasrun berfoto bersama seusai jadi narasumber Seminar Cyber Security bertema Internet, Berkah atau Musibah di Aula STAINU Tasikmalaya, Jalan Argasari Kota Tasikmalaya, Sabtu (16/2/2019). Foto/SINDOnews/Jani N
A A A
TASIKMALAYA - Head Officer Innovation Center MNC Group Irvan Nasrun mengajak para mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama (STAINU) Tasikmalaya menggunakan internet dengan baik. Sebab, data terbaru Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), ada 94 hoaks tersebar setiap minggunya.

"94 hoaks menyebar dalam satu minggu. Dari sini kami memberi pemahaman bagaimana menggunakan internet dengan baik serta bagaimana menangkal hoaks-hoaks tersebut," kata Irvan selepas menjadi narasumber Seminar Cyber Security dengan tema 'Internet, Berkah atau Musibah' di Aula STAINU Tasikmalaya, Jalan Argasari Kota Tasikmalaya, Sabtu (16/2/2019).

Menurut Irvan, internet itu banyak berkahnya bagi para mahasiswa, antara lain bisa menjadi tempat mencari ilmu pengetahuan serta menjadi sarana dakwah. "Kita kreatif, internet bisa jadi media dakwah. Misal di NU ada kitab kuning yang kenapa tidak kita menyampaikannya lewat internet," ujarnya.

Untuk itu, internet lebih banyak berkahnya tergantung yang menggunakannya. "Tahu Ustaz Abdul Somad kan ? Karena internet, jadi dai terkenal di Indonesia. Kalau dipergunakan dengan baik, internet menjadi sarana dakwah," tutur Irvan.

Irvan pun mengajak para mahasiswa STAINU untuk memfilter berita-berita yang belum diyakini kebenarannya karena di musim politik ini sangat rentan dengan hoaks. Jangan cepat percaya serta jangan cepat disebar jika belum meyakini kebenarannya.

Ketua 3 STAINU Tasikmalaya Anis Nursobah sangat berterima kasih atas kesediaan Irvan Nasrun yang jauh-jauh dari Jakarta ke Kota Tasikmalaya. Kerja sama seperti ini, kata dia, ingin terus dijalin karena MNC Group sebuah perusahaan level nasional yang bergerak di bidang pertelevisian.

"Kebetulan di sini (STAINU) akan dibuka prodi penyiaran Islam. Tentang media, kami perlu sekali bantuan dari MNC," ucap Anis.

Humas BEM STAINU Tasikmalaya Farhan Fatahilah merasa jadi lebih tahu tentang internet. Jika sebelumnya hanya tahu tampilan luar saja seperti Google, Facebook, dan lainnya, berkat seminar ini jadi paham bagaimana internet berkembang dan kegunaannya di kemudian hari.

"Ilmu yang kami peroleh yang tiada terhingga. Karena soal internet, pertama kali disampaikan di STAINU dengan Pak Irvan ini," ucapnya. (Baca Juga: Irvan Nasrun Berbagi Pengetahuan Keamanan Internet di STT Cipasung(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.0749 seconds (0.1#10.140)