alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Namanya Bobotok, Dibuat dari Tempe Busuk

Inin Nastain
Namanya Bobotok, Dibuat dari Tempe Busuk
Bobotok, terbuat dari tempe busuk atau tempe yang sudah empat hari tak dimasak. Foto/SINDOnews/Inin Nastain

MAJALENGKA - Bagi sebagian besar kalangan khususnya mereka yang tinggal di kota-kota besar, tempe yang sudah busuk tak ubahnya seperti sampah. Namun tidak demikian bagi mereka yang hidup di kota kecil atau pedesaan.

Tempe yang sudah busuk pun ternyata masih bisa dimanfaatkan untuk lauk-pauk. Bobotok, demikian nama makanan yang berbahan baku tempe busuk, yang tidak terjual sekitar empat hari itu.

Bicara rasa, bobotok tempe busuk ini memiliki rasa yang unik. Meskipun dibuat dari tempe busuk, tidak sedikit pun tercium aroma tidak sedap keluar dari bobotok saat menikmatinya.



Adanya bahan-bahan tambahan membuat bobotok akan menambah nafsu makan Anda. Daun serawung (kemangi), bawang merah, bawang putih, dan tentunya garam, adalah beberapa bumbu yang akan menyulap tempe busuk itu memiliki nilai lebih.

Tidak hanya bahan-bahannya yang mudah didapat. Cara pembuatan bobotok pun relatif lebih gampang dan tidak memerlukan waktu yang lama.

Langkah pertama yang dilakukan adalah menumbuk bawang merah, bawang putih, dan garam. Setelah dua macam bumbu itu halus, campur dengan tempe busuk dengan cara ditumbuk. Khusus untuk tempe busuk, tidak perlu ditumbuk sampai benar-benar halus.
Bobotok. Foto/SINDOnews/Inin Nastain
Setelah tempe busuk ditumbuk, lalu campurkan daun serawung. Setelah itu, beri sedikit air untuk kemudian diadon hingga merata. Setelah merata, langkah selanjutnya adalah membungkus dan tahapan terakhir dikukus.

Sebagai lauk-pauk, bobotok bisa disandingkan dengan ikan asin, sambal lengkap dengan lalap, dan sayur asam. Dengan hidangan yang sederhana ini, nafsu makan Anda meningkat. Selamat mencoba.



(zik)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif