Wagub Uu Sebut Tol Cigatas Mulai Dibangun Mei 2019

Jum'at, 15 Februari 2019 - 16:11 WIB
Wagub Uu Sebut Tol Cigatas Mulai Dibangun Mei 2019
Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum. Foto/Istimewa
A A A
TASIKMALAYA - Tol Cileunyi- Garut-Tasikmalaya (Cigatas) mulai dikerjakan Mei 2019. Hal ini sesuai komitmen Presiden Jokowi bahwa tol penghubung Bandung ke Wilayah Priangan Timur dan Jawa Tengah akan ini direalisasi 2019.

"Sekarang sedang dilakukan Penetapan Lokasi (Penlok). Tim penaksir harga sedang melakukan nego ke masyarakat yang terlewati," kata Wagub Jabar
Uu Ruzhanul Ulum di kediamannya, Pondok Pesantren Miftahul Huda Manonjaya, Kabupaten Tasikmalaya , Jabar, Jumat (15/2/2019).

Menurut Uu, keberadaan tol di Priangan Timur hukumnya sudah wajib. Sebab kemacetan sudah menjadi-jadi dan seringnya kecelakaan. Untuk itu, ujar mantan Bupati Tasikmalaya ini, masyarakat diminta bersabar karena sesuai komitmen Presiden, 2019 sudah terealisasi.

Uu pun mengungkapkan tahapan pembangunan tol tersebut yakni tahap pertama Tol Cileunyi-Garut-Tasikmalaya, kemudian Tasikmalaya Banjar, dan terakhir Banjar-Cilacap Jawa Tengah.

Tol ini akan memangkas perjalanan yang biasanya tiga jam ke Bandung akan menjadi 45 menit atau sampai satu jam. "Untuk exit tol juga sudah ditentukan. Yang pasti di antara Kota dan Kabupaten Tasikmalaya, antara Ciamis Banjar dan Cilacap," ujar Uu.

Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat asal Pangandaran Ahmad Irfan Allawy mengatakan, sebagai wakil rakyat Daerah Pemilihan Ciamis, Banjar, Pangandaran, dan Kuningan, pihaknya meminta agar dipikirkan juga mengenai akses ke Kabupaten Pangandaran karena Pangandaran destinasi wisata unggulan di Jawa Barat.

"Ke Pangandaran juga harus dipikirkan bagaimana ada jalan alternatif karena kemacetan di Pangandaran akibat jalan yang satu jalur," ucapnya.

Politisi PKB yang sekarang maju ke DPR RI ini pun mengusulkan agar ada 'exit tol' antara Banjar-Pangandaran agar jarak tempuh ke tol tidak terlalu jauh.

"Kan bisa di Kalipucang karena jalan itu jalan nasional. Kalau ada exit tol di sana, ke Pangandaran hanya dua puluh menitan," kata Irfan.

Sebelumnya, Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto dan Wali Kota Tasikmalaya Budi Budiman berharap sekali realisasi tol. Keduanya meminta ada 'exit' tol di antara Kabupaten dan Kota Tasikmalaya. (Baca Juga: Bupati dan Wali Kota Tasikmalaya Minta Exit Tol Cigatas(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.5623 seconds (0.1#10.140)