alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Disnakertrans Karawang ke Jerman untuk Belajar Vokasi

Nila Kusuma
Disnakertrans Karawang ke Jerman untuk Belajar Vokasi
Kepala Disnakertrans Karawang Ahmad Suroto. Foto/Istimewa

KARAWANG - Dinas Tenaga kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) dan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Karawang berangkat ke Jerman untuk melihat langsung industri di Jerman yang mampu menyerap tenaga kerja dari lingkungan pendidikan.

Rombongan Disnakertrans dan Kadin ini diundang langsung oleh Kamar Dagang Jerman yang berhasil melaksanakan program vokasi di Jerman.

"Ada tiga daerah di Indonesia yang diundang ke Jerman dan salah satunya adalah Karawang. Keberangkatan kita untuk mengetahui dan belajar bagamana menerapkan program vokasi untuk pelajar yang baru lulus sekolah. Harapannya kita itu bisa kita terapkan di Karawang karena industri kita banyak," kata Kepala Disnakertrans Karawang Ahmad Suroto, Kamis (14/2/2019).



Ahmad Suroto mengatakan, Karawang mendapat undangan karena sedang menjalankan program vokasi dengan sistem pemagangan. Nantinya, industri dan sekolah akan bekerja sama untuk mendapatkan calon tenaga kerja yang dibutuhkan.

"Di sana anak-anak SMA begitu lulus tidak perlu cari kerja. Mereka dicari perusahaan. Makanya sekolah di sana tidak perlu tinggi-tinggi, tapi harus ditunjang dengan skill dan kemampuan," ujar Suroto.

Menurut Ahmad Suroto, Disnakertrans Karawang bakal mengusahakan program anak-anak kelas 3 SMA langsung masuk dalam daftar rekrut perusahaan tanpa proses seleksi. Itu sebabnya dalam rombongan yang berangkat ke Jerman diikutsertakan Kadin Karawang agar memiliki visi yang sama.

"Kadin nantinya akan mencari perusahaan mana saja yang membutuhkan tenaga kerja sesuai kebutuhan mereka. Kami mempersiapkan program vokasinya," katanya.



(zik)

loading...