Penuhi Komitmen, Bupati dan ASN KBB Pakai Seragam Pramuka

Kamis, 14 Februari 2019 - 12:09 WIB
Penuhi Komitmen, Bupati dan ASN KBB Pakai Seragam Pramuka
Jajaran ASN di lingkungan Pemda KBB melaksanakan apel pagi. Mereka mulai mengenakan seragam pramuka setiap bulannya pada tanggal 14 sesuai dengan instruksi Bupati Bandung Barat. Foto/SINDOnews/Adi Haryanto
A A A
BANDUNG BARAT - Ada pemandangan berbeda saat Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna beserta sejumlah pejabat dan ASN di lingkungan Pemda KBB menggelar apel pagi di Kantor Kecamatan Parongpong, Kamis (14/2/2019) pagi. Sebab, hampir semua peserta apel termasuk Bupati Aa Umbara mengenakan seragam pramuka lengkap dengan atributnya.

Hal ini sebagaimana instruksi Bupati bahwa setiap tanggal 14 setiap bulannya pejabat struktural di KBB wajib memakai baju pramuka. "Hari ini, sesuai dengan komitmen saya bahwa per tanggal 14 pada setiap bulannya pejabat struktural di lingkungan Pemda KBB diwajibkan untuk memakai baju pramuka," kata Bupati Aa Umbara seusai apel, Kamis (14/2/2019).

Dia menegaskan, komitmen penggunaan seragam pramuka ini seperti yang dicanangkannya seusai pelantikan Mabicab dan Kwartir Cabang (Kwarcab) Bandung Barat Periode 2018-2023, Senin (28/1/2019). Inisiatif ini sebagai bentuk penghormatan terhadap Gerakan Pramuka yang telah dicetuskan sejak tanggal 14 Agustus 1961 dan terus bertahan hingga sekarang.

Hal tersebut diperkuat dengan diterbitkannya Surat Edaran (SE) Nomor 025/222/Org, tentang Penggunaan Seragam Pramuka Bagi ASN Pemangku Jabatan Struktural. Dirinya berharap dengan semangat pramuka bisa meningkatkan kinerja ASN di KBB, sejalan dengan tujuannya dalam membentuk pribadi yang beriman, bertakwa, memiliki akhlak yang mulia, taat terhadap hukum dan disiplin.
Penuhi Komitmen, Bupati dan ASN KBB Pakai Seragam Pramuka

"Semangat pramuka ini harus bisa diimplementasikan dalam kinerja agar visi AKUR (Aspiratif, Kreatif, Unggul, Religius) bisa terwujud. Semoga komitmen seperti ini terjaga dengan kuat dan semua ASN di lingkungan pemda dan aparatur kewilayahan seperti kecamatan tetap kompak," tuturnya.

Kepala Bagian Humas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung Barat Hari Mustika menyebutkan di hari dan bulan pertama pemakaian seragam pramuka sudah lebih dari 80%. Dia mengakui memang masih ada yang belum memakai, tapi itu bisa dimaklumi karena memang Surat Edaran Nomor 025/222/Org tentang Penggunaan Seragam Pramuka itu terbilang mepet karena baru diterbitkan 25 Januari 2019. (Baca Juga: Bupati Bandung Barat Instruksikan ASN Berbaju Pramuka Setiap Tanggal 14
"Memang belum semua tapi persentasenya sudah lebih dari 80% dan itu terbilang bagus karena ini perdana. Semuanya masih berproses karena yang belum pakai kemungkinan di bulan berikutnya sudah 100%," ucapnya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.5814 seconds (0.1#10.140)