Crispy Rumput Laut Buatan KPM PKH Tembus Pasar Wisata

Rabu, 13 Februari 2019 - 09:50 WIB
Crispy Rumput Laut Buatan KPM PKH Tembus Pasar Wisata
Crispy rumput laut KPM PKH Pangandaran. Foto/SINDOnews/Syamsul Maarif
A A A
PANGANDARAN - Salah satu Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) di Kabupaten Pangandaran berhasil memproduksi crispy rumput laut dan tembus pasar wisata.
Koordinator PKH Kabupaten Pangandaran Ajat Sudrajat mengatakan, target pengentasan kemiskinan yang dilakukan PKH kepada KPM PKH bukan hanya menyalurkan bantuan keuangan saja.

"Selain mengubah taraf ekonomi masyarakat miskin, kami juga memberikan arahan dan bimbingan agar masyarakat bisa mandiri secara ekonomi," kata Ajat, Rabu (13/2/2019).

Ajat menambahkan, pola pikir KPM PKH di Pangandaran kini mulai terbuka dan modern berkat bimbingan yang dilaksanakan oleh pendamping PKH di lapangan. "Banyaknya KPM PKH yang mengundurkan diri secara mandiri merupakan keberhasilan bagi kami bersama," tambahnya.

Salah satu KPM PKH yang kini mulai mengalami peningkatan ekonomi di antaranya Ani Tarsini, warga RT 13/07 Dusun Bagolokolot, Desa Bagolo, Kecamatan Kalipucang. "KPM tersebut kini memiliki usaha rumahan sejak tahun 2017 dengan memproduksi crispy rumput laut," jelas Ajat.

Ajat menjelaskan, tanggung jawab PKH tidak hanya sampai pada memberikan pendidikan produksi yang dibuat KPM PKH. "Kami bersama memberikan arahan kepada KPM PKH cara memasarkan produk yang telah diproduksi sehingga bernilai ekonomi," jelas Ajat.

Sementara, Ani Tarsini mengatakan, dirinya menjadi KPM PKH sejak tahun 2017. "Selama menjadi KPM PKH banyak pengetahuan yang didapat di antaranya memaksimalkan potensi sumber daya alam," kata Ani.

Ani menambahkan, setiap pagi saat laut surut, suaminya mengambil rumput laut dan siangnya dia olah menjadi crispy rumput laut. "Setiap hari kami berhasil memproduksi crispy rumput laut sebanyak 4 kilogram," tambah Ani.

Crispy rumput laut tersebut dia kemas menjadi 82 bungkus yang dijual per bungkusnya Rp5 ribu. "Berkat bimbingan pendamping PKH, untuk pemasaran produksi crispy rumput laut dikerjasamakan dengan pihak desa setempat," terangnya.

Bahkan, pemasaran crispy rumput laut buatan Ani, kini tembus di pasar wisata untuk dijadikan oleh-oleh wisatawan yang berkunjung ke Pangandaran. "Produk kami terpasarkan di Owen Centra Oleh-Oleh, toko modern Quick Mart, dan toko-toko kuliner di lokasi wisata," jelas Ani.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 5.0846 seconds (0.1#10.140)