alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Gelar Rapim, Kodam-Polda Jabar Siap Amankan Pemilu 2019

Agus Warsudi
Gelar Rapim, Kodam-Polda Jabar Siap Amankan Pemilu 2019
Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Tri Soewandono dan Kapolda Jabar Irjen Pol Agung Budi Maryoto memberikan keterangan seusai pembukaan Rapim TNI-Polri. Foto/ISTIMEWA

BANDUNG - Jajaran Komando Daerah Militer (Kodam) III/Siliwangi dan Kepolisian Daerah (Polda) Jabar siap mengamankan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 di Jabar dan Banten agar lancar, aman, dan kondusif.

Pernyataan itu disampaikan Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Tri Soewandono dan Kapolda Jabar Irjen Pol Agung Budi Maryoto saat pembukaan Rapat Pimpinan (Rapim) TNI-Polri Wilayah Jabar dan Banten Tahun 2019 di Graha Tirta Siliwangi, Jalan Lombok, Kota Bandung, Selasa (12/2/2019).

Gelar Rapim, Kodam-Polda Jabar Siap Amankan Pemilu 2019



Dalam sambutan saat membuka rapim dengan tema "Dilandasi Profesionalitas, Soliditas, Netralitas, TNI-Polri Bersinergi Mengamankan Pemilu 2019 dan Pembangunan Nasional Dalam Rangka Menjaga Keutuhan NKRI di Wilayah Jabar dan Banten" itu, Tri Soewandono mengatakan, rapim tersebut menindaklanjuti Rapim TNI-Polri di Jakarta beberapa hari lalu.

Pelaksanaan Rapim TNI-Polri ini, kata Tri, bertujuan untuk menyamakan visi, misi, dan persepsi dalam pengamanan Pemilu 2019 dan pembangunan nasional di wilayah Jabar dan Banten. "Serta menegaskan netralitas TNI-Polri dalam penyelenggaraan pesta demokrasi pemilu legislatif dan pemilu presiden," kata Tri.

Menurut Pangdam, tantangan tugas TNI-Polri ke depan semakin meningkat dan kompleks. Sehingga, menuntut TNI-Polri beradaptasi dengan perubahan zaman.

"Potensi ancaman yang perlu dicermati ke depan, antara lain dampak tantangan dunia baru, perang siber, illegal fishing, penyeludupan barang, dan manusia serta senjata dan narkoba," ujar Panglima.

Kapolda Jabar Irjen Pol Agung Budi Maryoto menyatakan, TNI dan Polri memiliki tekad maksimal dalam melaksanakan pengamanan dan menjaga kondusifitas wilayah baik menjelang maupun selama Pemilu 2019 berlangsung.

"Dalam menghadapi gangguan, harus mengedepankan upaya proaktif dan preventif dengan tiga pilar kamtibmas, yaitu Babinsa, Bhabinkamtibmas, dan lurah atau kepala desa sebagai garda terdepan," kata Agung.

Selain Pangdam Siliwangi dan Kapolda Jabar, rapim tersebut juga dihadiri oleh Kapolda Banten Irjen Pol Tomsi Tohir, Kasdam III/Siliwangi Brigjen TNI Nurchahyanto, Wakapolda Jabar Brigjen Pol Ahmad Wiyagus, Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum dan Gubernur Banten.

Sementara itu, Polda Jabar pun menggelar rapim kesiapan pengamanan Pemilu 2019 dan menjaga stabilitas keamanan dalam negeri di Aula Muryono, Mapolda Jabar, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung.

Selain Kapolda Jabar Irjen Pol Agung Budi Maryoto, Rapim Polda Jabar 2019 juga dihadiri oleh para pejabat, Irbid Bin dan Ibidops Polda Jabar, wadir, Kabag Biro, Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Irman Sugema, Kapolres jajaran, para Kasubdit dan Kasubbid serta perwira menengah setingkat AKBP.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, Rapim Polda Jabar 2019 bertema "Polri yang Promoter Siap Mengamankan Pemilu 2019 dan Menjaga Stabilitas Keamanan dalam Negeri Guna Keberlangsungan Pembangunan Nasional".

"Dalam arahannya, Kapolda Jabar mengingatkan bahwa pengamanan Pileg dan Pilpres 2019 harus dipersiapkan semaksimal mungkin. Anggota yang akan diterjunkan dalam pengamanan Pileg dan Pilpres 2019 agar dicek kekuatan, ketrampilan, dan kelengkapannya," kata Truno.



(awd)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif