MSB Gelar Lomba Nulis Puisi Corona Tingkat SMA se-Bandung Raya, Ini Juaranya

Selasa, 21 April 2020 - 06:40 WIB
loading...
MSB Gelar Lomba Nulis Puisi Corona Tingkat SMA se-Bandung Raya, Ini Juaranya
Juara Nulis Puisi Corona Tingkat SMA se-Bandung Raya 2020, Salsa Gita (kiri) dan Engina Sihotang (kanan). Foto/Dokumentasi Pribadi Salsa Gita dan Engina
A A A
BANDUNG - Majelis Sastra Bandung (MSB) menggelar lomba menulis puisi bertema Corona untuk tingkat SMA se Bandung Raya. Dewan juri telah mengumumkan juara lomba ini.

Dewan juri memutuskan, pemenang nya adalah, pemenang pertama, Salsa Gita Bornifa (SMA Lembang) dengan puisi berjudul "Suara di Sini" dan juara dua Engelina Sihotang (SMAN Majalaya) dengan karya berjudul "Covid 19".

"Lomba Nulis Puisi Corona tingkat SMA se Bandung Raya Tahun 2020 yang digelar Majelis Sastra Bandung ini semula berakhir 24 April, tapi dimajukan menjadi 20 April 2020," kata salah satu juri Ratna M Rochiman.

Ratna mengemukakan, naskah puisi yang masuk ke panitia sebanyak 60 naskah. Setelah disaring, terdapat 36 puisi yang masuk kriteria penilaian. "Juara pertama dan kedua berhak mendapatkan uang masing masing sebesar Rp200 ribu dan sejumlah buku sastra," ujar dia.

Ratna menuturkan, seharusnya ada pemenang ketiga dengan hadiah uang Rp100 ribu. Tetapi karena juri tidak mendapatkan juara ketika tersebut, hadiah Rp100 ribu ditiadakan.

"Namun peserta yang hanya mendapatkan sejumlah buku sastra, yakni Salma Salwa Hafidz (SMAN Majalaya) dengan puisi berjudul "Datangnya Pilu". Keputusan juri tidak bisa diganggu gugat," tutur Ratna.

"Saya baru tadi pagi membaca puisi puisi kalian. Bukan masalah baik dan buruknya puisi akhirnya, tapi semangat siswa untuk melawan Corona yang saya salut," ungkap dia.

Ratna mengimbau, yang tidak mendapatkan uang jangan berkecil hati. Nulis Puisi Corona tingkat SMA se Bandung Raya Tahun 2020 ini hanya lomba kecil-kecilan tapi sangat besar artinya bagi perkembangan sastra dan kemanusiaan. "Semua puisi akan saya bukukan lalu dikirim ke WHO (World Health Organization/Organisasi Kesehatan Dunia)," pungkas Ratna.

Berikut puisi yang meraih juara pertama di Nulis Puisi Corona tingkat SMA se Bandung Raya Tahun 2020:

Suara di Sini
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1839 seconds (0.1#10.140)