Porsima IV/2019 di Cimahi Diikuti 336 Peserta dari 3 Perguruan Tinggi

Selasa, 12 Februari 2019 - 17:53 WIB
Porsima IV/2019 di Cimahi Diikuti 336 Peserta dari 3 Perguruan Tinggi
Ketua Pengurus YKEP Mayjen TNI (Purn) Adi Mulyono dan Rektor Unjani Cimahi Mayjen TNI Witjaksono berfoto setelah pembukaan Porsima IV/2019 di Kampus Unjani, Kota Cimahi, Selasa (12/2/2019). Foto/SINDOnews/Adi Haryanto
A A A
BANDUNG - Sebanyak 336 mahsiswa dari tiga perguruan tinggi di Jawa Barat dan Yogyakarta mengikuti Pekan Olahraga Seni dan Ilmiah Mahasiswa (Porsima) IV Tahun 2019, Selasa (12/2/2019).

Kegiatan yang dihelat di Kampus Universitas Jenderal Achmad Yani (Unjani) Cimahi itu mempertandingkan cabang olahraga bulutangkis, bola voli, tenis meja, paduan suara, dan karya ilmiah.

"Porsima keempat ini diikuti oleh tiga perguruan tinggi yang ada di bawah naungan Yayasan Kartika Eka Paksi (YKEP). Yakni Unjani Yogyakarta, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Unjani, dan Unjani Cimahi selaku tuan rumah," kata Ketua Pengurus YKEP Mayjen TNI (Purn) Adi Mulyono kepada wartawan seusai pembukaan kegiatan.

Adi mengemukakan, Porsima digelar setiap dua tahun sekali dan telah dimulai sejak 2011. Gelaran bertema "Bersama untuk Kejayaan" ini dilaksanakan selama tiga hari, 12-15 Februari 2019.

Peserta terdiri atas 87 orang dari Unjani Cimahi, Unjani Yogyakarta 138, dan Stikes Ahmad Yani 111. Selain bersaing di lapangan, peserta juga berkompetisi dalam karya ilmiah bertema "Inovasi IPTEKS dan Sosiohumaniora untuk Kesejahteraan Masyarakat yang Berwawasan Lingkungan".

Tujuan utama dari penyelenggaraan ini, ujar dia, adalah untuk membangun rasa kekeluargaan di antara mahasiswa perguruan tinggi di bawah naungan YKEP.

Keluarga besar tiga perguruan tinggi itu harus saling mengenal dan bisa mencontoh kelebihan kampus lain untuk diterapkan di kampus sendiri. Selain itu, dapat mencetak mahasiswa berprestasi ke tingkat nasional.

"Kepada seluruh peserta, saya berpesan, bersaing meraih prestasi dalam kekeluargaan, jalin silaturahmi, dan jadilah contoh baik demi kebesaran kampus," ujar dia.

Rektor Unjani Cimahi Mayjen TNI Witjaksono menuturkan, sportivitas harus dikedepankan dan bukan semata mencari kemenangan. Nilai-nilai dan semangat itulah yang ditanamkan melalui pendidikan karakter, pembinaan mental, dan budi pekerti untuk menghindari aksi persekusi yang sekarang marak di dunia pendidikan.

"Di sini ada budaya salam salim kepada senior dan tim, integrity, courage, dan knowledge, dalam membangun karakter mahasiswa jujur sesuai cita-cita Achmad Yani," tutur Witjaksono.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.2706 seconds (0.1#10.140)