Mitra Gojek Yakin Mampu Bertahan dan Lalui Pandemi COVID-19

Rabu, 27 Mei 2020 - 21:57 WIB
loading...
Mitra Gojek Yakin Mampu Bertahan dan Lalui Pandemi COVID-19
Mitra Gojek saat membagikan bantuan sembako kepada sesama pekerja informal. Foto/SINDOnews/Agung Bakti Sarasa
A A A
BANDUNG - Meskipun mengalami penurunan penghasilan akibat pandemi COVID-19, namun mitra pengemudi Gojek cenderung optimistis bahwa mereka mampu melewati pandemi COVID-19 dan kembali mendapatkan penghasilan normal.

Hal itu merupakan salah satu kesimpulan hasil riset yang digelar Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI) kepada 41.393 mitra pengemudi Gojek.

Survei yang berjudul "Pengalaman Mitra Driver Gojek Selama Pandemi COVID-19" ini bertujuan menganalisis dampak tekanan ekonomi akibat pandemi terhadap pekerja informal dan merupakan bagian dari riset LD FEB UI mengenai dampak sosial-ekonomi Gojek di Indonesia.

Wakil Kepala LD FEB UI Dr Paksi Walandouw mengatakan, hasil riset ini sangat menarik mengingat pekerja dan ekosistem Gojek sangat terdampak oleh pandemi dan pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Riset ini menunjukkan bahwa di tengah kesusahan yang sedang melanda akibat pandemi, bagian dari ekosistem Gojek masih bergotong royong membantu. Bantuan sosial yang mengalir dari Gojek kepada mitra, dari konsumen ke mitra, bahkan antarmitra sangat dirasakan manfaatnya.

"Semangat saling membantu inilah yang kami lihat sebagai adanya sikap resiliensi, bahu-membahu membantu, sekaligus optimisme bahwa bencana bisa dilewati bersama," kata Paksi, Rabu (27/5/2020).

Berdasarkan hasil riset, di tengah kondisi pandemi, baik perusahaan Gojek, mitra pengemudi maupun konsumen yang ada dalam satu ekosistem saling membantu. Survei menemukan mayoritas mitra pengemudi Gojek mendapatkan bantuan sosial dari pihak perusahaan Gojek (89%).

"Selain itu, mereka juga mendapatkan bantuan sosial dari konsumen (21%) dan dari sesama mitra (5%). Mitra driver juga mendapat bantuan pemerintah bagi masyarakat yang terdampak Pandemi COVID-19," papar Paksi.

Temuan menarik lainnya, lanjut Paksi, yakni bantuan yang diberikan oleh Gojek sebagai perusahaan membuat mitranya merasa terus didukung di tengah masa sulit.

Pemberian bantuan tersebut direspon positif oleh mitra dengan mayoritas mitra (84%) mengapresiasi bantuan sosial yang mereka terima dari Gojek. "Sebagian besar mitra yang mendapat bantuan mengatakan merasakan manfaat yang diberikan (74%)," imbuhnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2245 seconds (0.1#10.140)