Bakso Rawit Super Pedas Ini Dijamin Bikin Lidah Anda Bergoyang

Selasa, 12 Februari 2019 - 07:59 WIB
Bakso Rawit Super Pedas Ini Dijamin Bikin Lidah Anda Bergoyang
Bakso rawit super pedas. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Bakso adalah makanan favorit banyak orang. Rasanya lezat, nikmat, dan menyegarkan. Apalagi, jika bakso dikreasikan dengan membuatnya lebih kekinian. Misalnya menambah cabai rawit di dalamnya. Rasanya sudah pasti nikmat dan membuat lidah bergoyang.

Anda pun bisa membuat bakso rawit super pedas di rumah. Berikut resep membuatnya seperti dikutip dari akun Instagram @berbagiresep.

Bahan-bahan:
250 g daging sapi
250 g dada ayam
80 g es batu, hancurkan kecil-kecil
1 buah putih telur
9 sdm tepung tapioka
1 sdt baking powder
1 sdt merica bubuk
2 sdt garam
4 siung bawang putih, goreng dulu
2000 ml air untuk merebus

Bahan kuah bakso:
1000 ml air rebusan bakso
8 buah bawang putih, goreng, haluskan atau dimemarkan
1 batang seledri, potong-potong
Garam secukupnya
Merica secukupnya

Bahan pelengkap:
Bihun rebus
Kecap manis
Saus sambal
Sawi hijau

Cara membuat:
Potong-potong daging sapi dan daging ayam. Haluskan dengan food processor. Masukkan es batu proses sampai halus, tambahkan bawang putih yang sudah dihaluskan, putih telur dan proses lagi sampai tercampur merata. Masukkan tepung tapioka, baking powder, garam, merica. Proses hingga halus dan tekstur seperti pasta.

Siapkan bahan isian, rebus cabai dan haluskan. Ambil adonan bakso agak banyak buat cekungan, beri bahan isian lalu bulatkan. Didihkan air, kecilkan apinya. Masukkan adonan bakso, besarkan api. Biarkan bakso mengapung. Angkat dan taruh di air es. Goreng bawang putih lalu haluskan atau cukup dimemarkan saja.

Ambil 1.000 ml air rebusan bakso, beri gula garam merica. Masak sampai mendidih. Tambahkan daun seledri, cicipi rasa lalu angkat. Sajikan bakso bersama pelengkapnya. Bakso rawit super pedas siap dihidangkan.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.0916 seconds (0.1#10.140)