Intensitas Hujan Tinggi, Warga Subang Diimbau Waspada Bencana

Selasa, 12 Februari 2019 - 06:41 WIB
Intensitas Hujan Tinggi, Warga Subang Diimbau Waspada Bencana
Foto/Dok SINDO
A A A
SUBANG - Warga Kabupaten Subang, Jawa Barat, terutama mereka yang tinggal di zona rawan bencana alam, diimbau mewaspadai bencana longsor dan banjir. Hal ini menyusul tingginya intensitas hujan yang terjadi beberapa hari terakhir di Subang.

Seperti diketahui, akibat cuaca buruk, bencana alam menerjang sebagian wilayah Kabupaten Subang. Peristiwa itu terus terjadi sejak memasuki Februari ini. Meski tidak dilaporkan ada korban jiwa, dampak dari bencana itu menyebabkan infrastruktur jalan dan rumah warga rusak.

"Kami meminta seluruh pejabat di instansi yang berkaitan dengan penanganan bencana siaga 24 jam. Jangan sampai handphone mati. Dan untuk warga, kami imbau agar waspada. Ingat, bencana alam tidak dapat diprediksi, bisa terjadi kapan saja,"ujar Bupati Subang Ruhimat seusai meresmikan Aula Pamungkas Kodim 0605 Subang, Senin (11/2/2019).

Kabupaten Subang cukup luas. Wilayahnya terdiri dari dataran tinggi daerah perbukitan di bagian Subang selatan dan dataran rendah, seperti daerah pesisir pantai utara (pantura). Tidak jarang jika setiap musim hujan datang bencana alam seperti banjir dan longsor.

"Seminggu terakhir ini saja bencana longsor terjadi di daerah Kecamatan Cijambe. Bahkan ada jembatan putus akibat tergerus air sungai. Meskipun tidak terjadi di permukiman, tetap kesiagaan perlu ditingkatkan," kata dia.

Apalagi, menurut Ruhimat, di daerah Subang selatan potensi bencana longsor cukup tinggi dan bisa terjadi kapan saja. Sementara, untuk wilayah pantura, ancamannya adalah banjir.

"Kalau hujan besar nggak henti-henti, hati saya waswas, bagaimana dengan pantura. Tapi alhamdulillah selama ini tidak ada banjir," ujarnya, seraya mengatakan saat ini dirinya memerintahkan BPBD sudah melakukan pengecekan Sungai Cigadung guna normalisasi arus air untuk mengantisipasi bencana banjir di wilayah pantura.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.9167 seconds (0.1#10.140)