Pangdam Instruksikan Korem-Kodim Kawal Tatanan Normal Baru di Jabar dan Banten

Rabu, 27 Mei 2020 - 21:10 WIB
loading...
Pangdam Instruksikan Korem-Kodim Kawal Tatanan Normal Baru di Jabar dan Banten
Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto memimpin video teleconference membahas penerapan tatanan normal baru di Jabar dan Banten. Foto/Pendam Siliwangi
A A A
BANDUNG - Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto menginstruksikan seluruh Komando Resor Militer (Korem) dan Komando Distrik Militer (Kodim) di jajaran Kodam III/Siliwangi mengawal pelaksanaan tatanan normal baru atau new normal di Jawa Barat dan Banten.

"Indonesia bersiap-siap untuk memasuki kondisi new normal. TNI akan berada pada garda paling depan dalam membantu pengawasan program pemerintah mendisiplinkan masyarakat agar tetap menjaga protokol kesehatan dan tetap memakai masker sehingga terhindar dari virus Covid-19," kata Pangdam saat melaksanakan video conference di Puskodalops Makodam III/Siliwangi Jalan Aceh Nomor 69, Kota Bandung, Rabu (27/5/2020).

Saat tatanan normal baru diterapkan, ujar Panglima, TNI-Polri akan menjaga tempat-tempat umum dan pusat keramaian. Dengan keberadaan personel TNI-Polri, diharapkan masyarakat patuh menerapkan protokol kesehatan dalam kondisi pandemi Corona. (BACA JUGA: New Normal Dimulai Senin, Pemprov Jawa Barat Lakukan Sosialisasi )

"New normal hanya akan berlaku di wilayah zone hijau atau bebas dari COVID-19. Nanti mal dan pusat perbelanjaan atau restoran akan kembali dibuka tetapi harus menerapkan protokol kesehatan dengan selalu menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak," ujar Panglima.

Pangdam menuturkan, jumlah personie memang terbatas tetapi Kodam III/Siliwangi akan melakukan penambahan atau penebalan dari batalyon bersinergi dengan Polri dalam melaksanakan new normal. (BACA JUGA: Personel Polri-TNI Utamakan Persuasif daripada Penegakkan Hukum saat New Normal )

"Saya berharap masyarakat mempunyai kesadaran dalam menghadapi new normal ini. Jika masyarakatnya tak mempunyai kesadaran dalam melaksanakan protokol kesehatan, tatanan normal baru akan sulit diterapkan di Indonesia," tutur Nugroho. (BACA JUGA: New Normal Jabar, Polda-Kodam Siagakan Personel Penegak Disiplin di Area Publik )
(awd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2922 seconds (0.1#10.140)