alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Warga Korban Tanggul Jebol di Cilengkrang Masih Mengungsi

Arif Budianto
Warga Korban Tanggul Jebol di Cilengkrang Masih Mengungsi
TNI, Polri, BPBD, relawan, dan unsur lainnya masih melakukan pembersihan kompleks perumahan korban tanggul jebol, Senin (11/2/2019). Foto/SINDOnews/Arif Budianto

BANDUNG - Proses pembersihan rumah akibat tanggul jebol di Kompleks Jati Endah Regency, Kelurahan Jatiendah, Kecamatan Cilengkrang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, masih berlanjut.

Sejumlah alat berat dibantu tim dari TNI, Polri, BPBD, relawan, dan lainnya masih melakukan pembersihan pada hari kedua, Senin (11/2/2019). Kendati demikian, lumpur dan bebatuan tampak masih berserakan di sekitar rumah warga. Namun, akses jalan saat ini bisa dilalui kendaraan.

Hingga hari kedua pascabencana, sejumlah rumah warga terdampak belum bisa ditinggali. Lumpur masih menumpuk di sekitar rumah. "Walaupun lumpur sudah dibersihkan, kami belum bisa tinggal di rumah. Masih banyak material batu dan pasir," jelas salah seorang warga korban banjir tanggul jebol, Sujana.



Menurut dia, kondisi kerusakan rumahnya mencapai 50%. Dibutuhkan perbaikan agar kembali bisa ditinggali. Belum lagi, lumpur yang begitu tebal memerlukan waktu beberapa lama untuk membersihkannya.

Saat ini, kata Sujana, dia bersama keluarganya terpaksa masih menginap di rumah keluarganya. Sementara, saat siang dia kembali untuk membersihkan lumpur dan material kotor.

"Saya berterima kasih kepada warga sekitar, bantuan makanan dan lainnya cukup banyak. Pemerintah, TNI, Polri, dan relawan banyak yang membantu membersihkan rumah kami," jelas dia.

Dia mengakui, ada sekitar 15 rumah yang terdampak banjir akibat tanggul jebol di kompleks tersebut. Beberapa rumah penduduk di bagian bawah sungai juga terdanpak. Hingga kini, korban meninggal  3 orang, belasan lainnya mengalami luka ringan dan berat. (Baca juga: Tanggul Jebol Telan Korban, Bupati Bandung Sampaikan Belasungkawa).



(zik)