Marc Marquez Didaulat Nyanyi dan Joget di Saung Angklung Udjo

Minggu, 10 Februari 2019 - 14:42 WIB
Marc Marquez Didaulat Nyanyi dan Joget di Saung Angklung Udjo
Pembalap kondang Marc Marquez didaulat bernyanyi dan joget di Saung Angklung Udjo, Padasuka, Kota Bandung. Foto/Istimewa/Honda
A A A
BANDUNG - Marc Marquez berkunjung ke Saung Angklung Udjo di Padasuka, Bandung, Minggu (10/2/2019). Pembalap tim Repsol Honda tiba pukul 10.00 WIB, dan langsung disambut anak-anak didik Saung Udjo dengan irama musik tradisional sunda.

Di panggung utama, juara MotoGP 2018 itu bersama 200 komunitas pengguna motor Honda dan jajaran manajemen PT Astra Honda Motor (AHM) menikmati sajian musik tradisional sunda tersebut. Kesenian budaya Indonesia yang dimainkan oleh anak-anak membuat Marquez terkesima menyaksikan kepiawaian anak-anak pelajar Saung Angklung Udjo bernyanyi, menari, dan bermain angklung dalam satu atraksi sekaligus.

Acara semakin meriah ketika Marquez dan para tamu dibekali angklung satu persatu. Marquez dan tamu yang hadir memainkan beberapa lagu yakni Bengawan Solo, hingga lagu Can’t Help Falling in Love milik Elvis Presley. Kemeriahan terjadi saat pembalap berjuluk The Baby Alien tersebut menyanyikan lagu Besame Mucho diiringi permainan angklung oleh para peserta.

Tidak hanya memainkan alat tradisional khas Jawa Barat saja, Marquez juga sempat menghibur penonton saat berjoget ketika anak didik Saung Angklung Udjo menampilkan lagu Despacito. "Saya sangat menikmati pertunjukan ini. Ini merupakan salah satu pertunjukkan terbaik yang pernah saya mainkan dan saksikan," kata Marquez.

Kehadiran Marquez di Saung Udjo membuat kesenian asli Indonesia ini semakin mendunia. Itu sebagaimana disampaikan Production, Engineering, and Procurement Director AHM, David Budiono.

"Bersama Marquez kesenian asli Indonesia ini akan semakin mendunia. Kami di AHM berkomitmen untuk terus melanjutkan upaya pelestarian budaya bangsa ini melalui program pembinaan budaya Angklung di kalangan generasi muda melalui sekolah-sekolah binaan," tutur David Budiono.

Sementara itu, GM Corporate Communication AHM, Ahmad Muhibbuddin mengungkapkan seni budaya angklung merupakan salah satu warisan asli budaya Indonesia yang telah diakui oleh UNESCO. Sejak 2013, AHM secara konsisten melakukan pembinaan dan pelatihan para guru seni musik agar dapat mentransfer pengetahuan dan keterampilan bermain musik angklung kepada para generasi muda di 31 sekolah binaan Honda melalui Program Sekolah Binaan Angklung.

Selain itu, AHM juga mengadakan pelatihan lanjutan kepada para guru untuk meningkatkan kemampuan agar lebih mahir dalam memainkan dan mengajarkan budaya angklung di berbagai sekolah binaan Honda. Sebagai tolak ukur keberhasilan proses pembelajaran budaya Angklung di masing-masing sekolah binaan, AHM bekerja sama dengan Saung Angklung Udjo menggelar kompetensi Pasanggiri Angklung yang telah digelar secara konsisten sejak 4 tahun lalu.

"Bersama Marc Marquez, kami yakin angklung tidak hanya akan mendunia tapi juga akan semakin dicintai generasi muda dan anak-anak milenial," pungkas Ahmad Muhibbuddin.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.4526 seconds (0.1#10.140)