Tanggul Jebol Telan Korban, Bupati Bandung Sampaikan Belasungkawa

Minggu, 10 Februari 2019 - 13:44 WIB
Tanggul Jebol Telan Korban, Bupati Bandung Sampaikan Belasungkawa
Petugas gabungan membersihkan kawasan terdampak tanggul jebol dari material lumpur dan batu. Foto/SINDOnews/Arif Budianto
A A A
BANDUNG - Bupati Bandung Dadang M Naser menyampaikan keprihatinan dan bela sungkawa atas bencana banjir bandang akibat tanggul jebol di Kompleks Jati Endah Regency, Kelurahan Jatiendah, Kecamatan Cilengkrang, Kabupaten Bandung.

Paristiwa bencana itu menyebabkan tiga orang meninggal dunia, dan belasan warga mengalami luka. Selain itu, banjir bandang merusak 12 rumah warga.

“Bagi yang kena musibah, kami turut prihatin dan belasungkawa. Ini adalah takdir yang harus diterima. Untuk korban di rumah rumah sakit, kami harap cepat pulih,” kata Dadang saat memantau lokasi bencana, Minggu (10/2/2019).

Saat ini, BPBD Kabupaten Bandung, dibantu TNI, Polri, relawan, dan instansi lainnya sedang berupaya mempercepat proses perbaikan tanggul jebol. Beberapa alat berat telah dikerahkan ke lokasi bencana. Proses pembersihan pun telah mulai dilakukan untuk mempercepat proses rekonstruksi.

“Kami sampaikan keprihatinannya atas peristiwa ini. Untuk yang terkena dampak, silahkan mengungsi ke rumah tetangga atau mana yang aman,” ujar dia.

Bantuan tercepat yang bisa diberikan, tutur Dadang, adalah mengerahkan alat berat beserta tim untuk membantu pembersihan. Sementara untuk menjamin kebutuhan pangan, pihaknya memberikan sembako kepada korban terdampak.

“Sementara kami beri bantuan sembako dulu. Yang paling utama, kami amankan jiwa dulu. Setelah itu, kami akan hitung dulu bantuan apa yang harus diberikan,” jelas dia.

Terkait perbaikan sarana dan prasarana, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan pihak pengembang. Bagaimana proses perbaikan ke depan. Jangan sampai, kejadian serupa akan terjadi lagi.

Diketahui, hujan deras yang mengguyur wilayah Bandung timur sejak Sabtu (9/2/2019) malam, mengakibatkan banjir di kawasan di Kompleks Jati Endah Regency, Dusun Pasir Jati RT 004/016, Desa Jatiendah, Kecamatan
Cilengkrang, Kabupaten Bandung, Sabtu (9/2/2019) malam dan sebagian wilayah terdampak di Ujungberung, Kota Bandung.

Banjir bandang di kawasan tersebut terjadi akibat tanggal Sungai Cilengkrang jebol. Akibat kejadian tersebut, tiga orang meninggal dunia, dan beberapa mengalami luka berat hingga ringan. (BACA JUGA - Banjir Bandang Terjang Cilengkrang, 3 Warga Tewas )
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.2540 seconds (0.1#10.140)