Bupati Aa Umbara Lantik Asep Sodikin sebagai Sekda KBB

Rabu, 06 Februari 2019 - 16:27 WIB
Bupati Aa Umbara Lantik Asep Sodikin sebagai Sekda KBB
Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna saat melantik Sekda KBB Asep Sodikin di Gedung Utama Lantai 3 Kompleks Perkantoran Pemkab Bandung Barat, Rabu (6/2/2019). Foto/SINDOnews/Adi Haryanto
A A A
BANDUNG BARAT - Setelah sekian lama tertunda, Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna akhirnya menjatuhkan pilihan kepada Asep Sodikin sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) KBB definitif. Dia akan melanjutkan tongkat estafet Sekda KBB yang sebelumnya dijabat oleh Maman S Sunjaya dan sempat empat kali berpindah tangan Penjabat (Pj) Sekda mulai dari Wandiana, Aseng Junaedi, Wahyu Diguna, hingga terakhir Asep Ilyas.

Aa Umbara mengatakan, dipilihnya Asep Sodikin karena yang bersangkutan dinilai sebagai figur yang memiliki kemampuan untuk memimpin seluruh PNS di KBB. Track record serta pengalamannya dalam birokrasi diyakini dapat menjadi penghubung antara apa yang diinginkan bupati melalui visi dan misinya, untuk dijabarkan dalam program kerja di setiap SKPD. Dia pun meminta sekda terpilih tidak egois dan harus mau memajukan KBB, serta tidak menimbulkan riak-riak di SKPD.

"Hari ini KBB sudah resmi memiliki Sekda definitif yang menggantikan Maman S Sunjaya. Saya ucapkan terima kasih kepada empat Pj Sekda yang sudah mengisi jabatan kekosongan sekda definitif selama ini, dan juga mereka yang telah mengikuti seleksi posisi sekda," kata Aa Umbara seusai pelantikan di Gedung Utama Lantai 3, Kompleks Perkantoran Pemkab Bandung Barat , Rabu (6/2/2019).

Seusai dilantik pejabat baru Sekda KBB Asep Sodikin membacakan dan menandatangani pakta integritas dalam komitmennya memberantas korupi, kolusi, dan nepotisme di lingkungan Pemda KBB.

Pengumuman dan pengambilan sumpah jabatan Sekda definitif ini mengacu kepada surat undangan nomor 005/306/BKPSDM/2019 yang tandatangani Plh Sekda KBB Asep Ilyas, tanggal 4 Februari 2018. Asda III KBB Agustina Priyanti berharap Sekda baru bisa membangun komunikasi yang harmonis dengan perangkat daerah lainnya. Bisa langsung mengerjakan tugasnya dengan cepat dan menyesuaikan dengan perannya sebagai kepanjangan tangan bupati.

"Sekda definitif yang terpilih ini harus didukung semua pihak, agar roda pemerintahan Pemda KBB berjalan dengan baik," ucapnya.

Sebelumnya pengumuman Sekda KBB definitif ini sempat direncanakan beberapa kali namun akhirnya batal dan baru hari ini dilakukan. Padahal tim panitia seleksi open bidding Sekda KBB sudah menyerahkan rekomendasi tiga nama dengan nilai tertinggi kepada Bupati Aa Umbara sejak akhir Oktober 2018.

Mereka adalah Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Asep Sodikin; Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Asep Wahyu FS; dan Asda III KBB Agustina Priyanti.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 4.4073 seconds (0.1#10.140)