Pemprov Jawa Barat Antisipasi Gelombang Kedua COVID-19

Selasa, 26 Mei 2020 - 19:22 WIB
loading...
Pemprov Jawa Barat Antisipasi Gelombang Kedua COVID-19
Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jabar Daud Achmad. Foto/dok.SINDOnews
A A A
BANDUNG - Meskipun tidak berharap bakal terjadi, Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jabar telah menyiapkan berbagai langkah antisipasi menghadapi kemungkinan terjadinya gelombang kedua penyebaran COVID-19 seiring pemberlakuan kebijakan new normal .

"Sebetulnya, dari awal di Jabar dengan persiapannya mudah-mudahan bisa saya katakan kita sudah siap. mudah-mudahan gelombang kedua tidak terjadi," ujar Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jabar, Daud Achmad, Selasa (26/5/2020).

(Baca: Skenario New Normal Tetap Mengacu Protokol Kesehatan PSBB)

Persiapan yang sudah dilakukan, kata Daud, di antaranya penyiapan tempat tidur di sejumlah rumah sakit rujukan COVID-19 di Jabar dimana tingkat keterisiannya saat ini hanya sekitar 30 persen.

"Artinya, ada 70 persen tempat tidur yang kosong. Mudah-mudahan tidak sampai terisi," kata Daud.

Selain itu, pihaknya juga menyediakan sejumlah tempat isolasi, seperti di Gedung Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Jabar di Kota Cimahi dimana saat ini, tingkat keterisiannya pun baru sekitar 50 persen.

"Total kamar yang tersedia di pusat isolasi ini (Gedung BPSDM) sekitar 200 kamar," sebutnya.

(Baca: Ridwan Kamil Ungkap Protokol New Normal di Jawa Barat)

Bahkan, kata Daud, jika diperlukan, pihaknya pun menyiapkan tempat isolasi di instalasi-instalasi militer yang hingga kini belum sempat digunakan.

"Tempat isolasi ini tidak hanya disiapkan di tingkat provinsi, tapi kabupaten kota juga sudah menyiapkannya," tandasnya.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1667 seconds (0.1#10.140)