Kapolda: Perayaan Imlek di Jabar Aman dan Kondusif

Rabu, 06 Februari 2019 - 00:49 WIB
Kapolda: Perayaan Imlek di Jabar Aman dan Kondusif
Kapolda Jabar Irjen Pol Agung Budi Maryoto saat meninjau perayaan Imlek di salah satu vihara di Kota Bandung. Foto/ISTIMEWA
A A A
BANDUNG - Kapolda Jabar Irjen Pol Agung Budi Maryoto memastikan perayaan Imlek 2570 di Jabar, Selasa (5/2/2019), aman dan kondusif.

Tak ada satupun kejadian yang mengganggu keamanan ketertiban masyarakat (kamtibmas) selama perayaan Tahun Baru China itu berlangsung.

"Seluruh jajaran diperintahkan untuk mengamakan perayaan Imlek 2570. Laporan dari para kapolres, tidak ada gangguan, semua berjalan kondusif," kata Agung didampingi Wakapolda Brigjen Pol Akhmad Wiyagus saat meninjau perayaan Imlek di Vihara Budhi dan Dharma Ramsi, Jalan Cibadak, serta Vihara Setya Budhi, Jalan Klenteng, Kota Bandung.

Personel, ujar Kapolda, selain mengamankan viraha dan klenteng, juga disiagakan di tempat-tempat wisata yang dijadikan destinasi masyarakat untuk menghabiskan libur Imlek.

"Tempat wisata di Jabar banyak, seperti Puncak, Cianjur, Garut, Bandung, Soreang, termasuk di wilayah pantai selatan," ujar Kapolda.

Polda Jabar juga mengerahkan polisi satwa atau K9 dalam pengamanan perayaan Imlek 2570. "Tim K9 Dit Sabhara yang dilengkapi dengan anjing pelacak melaksanakan pengamanan di beberapa titik tempat berkumpulnya masyarakat, seperti Hotel Papandayan dan Trans Studio Mall Bandung," kata Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko.

Truno mengungkapkan, patroli dilakukan oleh TIM 9 Dit Sabhara yang dipimpin oleh Brigadir Angga Riyana dan tiga anggota dengan dilengkapi anjing pelacak untuk sterilisasi dan antisipasi kemungkinan ada bahan peledak.

Kapolda: Perayaan Imlek di Jabar Aman dan Kondusif


Sementara itu, Direktur Lalu Lintas Polda Jabar Kombes Pol Mochamad Aris menyatakan arus lintas selama libur Imlek di Jabar pun kondusif. Tidak ada penumpukan kendaraan.

"Sejak Sabtu (2/2/2019), kami sudah sampaikan ke jajaran untuk mengantisipasi kemacetan lalu lintas. Kami lakukan pengamanan dan pengawalan, baik di jalur wisata maupun tol," kata Aris saat mendampingi Kapolda meninjau vihara.

Meski tak terjadi penumpukan dan kemacetan lalu lintas, Aris mengemukakan, ada peningkatan jumlah kendaraan baik singgah atau melintasi Jabar, khususnya di wilayah Kota Bandung.

Untuk arus balik libur perayaan Imlek ini, tutur Aris, pihaknya telah berkoordinasi dengan jajaran terkait. "Kami koordinasi dengan PJR Korlantas dan Polda Metro Jaya untuk pengamanan di tol. Kemacetan pasti terjadi karena ada massa,tapi kami upayakan agar tidak sampai stuck," ujar dia.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.5366 seconds (0.1#10.140)