Komunitas Konsumen Indonesia Apresiasi Gojek Putus Persebaran COVID-19

Selasa, 26 Mei 2020 - 16:47 WIB
loading...
Komunitas Konsumen Indonesia Apresiasi Gojek Putus Persebaran COVID-19
Mitra driver Gojek mendapakan fasilitas penyemprotan disinfektan dan pengukuran suhu tubuh di posko check point. Foto/Dok/Gojek
A A A
BANDUNG - Komunitas Konsumen Indonesia (KKI) mengapresiasi upaya operator transportasi online Gojek dalam mencegah persebaran virus Corona atau COVID-19. Melalui beragam layanan dan fitur yang diluncurkan Gojek, KKI berharap, pengemudi dan konsumen sadar akan bahaya penularan COVID-19.

"Dengan kondisi pandemi COVID-19, tentunya pemerintah sudah membuat beragam peraturan termasuk aturan terkait transportasi online. Dalam hal ini, kami menyambut baik Gojek sebagai aplikator sudah maksimal menerapkannya," ujar Ketua KKI, David Tobing, Selasa (26/5/2020). (Baca juga; Bangun 130 Posko Check Point, Gojek Terapkan Standar Keamanan Tertinggi )

Sedikitnya ada lima upaya yang telah diterapkan Gojek. Pertama, ketersediaan Posko Aman Bersama Gojek yang hasilnya dapat dipantau di aplikasi pengguna. Kedua, membekali mitra dengan masker dan hand sanitizer. Ketiga, penerapan standar operasional prosedur (SOP) ketat terkat pembatasan maksimal dua penumpang untuk transportasi Gocar dan mewajibkan penumpang memakai masker.

Keempat, adanya fitur baru physical distancing atau jaga jarak. Kelima, penumpang bisa cek suhu tubuh driver dan kebersihan kendaraan dari aplikasi saat memesan GoFood/GoSend/Goride. David berharap, dengan adanya aturan protokol kesehatan dan fitur yang sudah ditentukan Gojek, pihak pengemudi dan konsumen dapat mematuhinya dengan baik.

"Karena pada intinya berbagai upaya yang dilakukan yakni untuk menjaga semua pihak agar tidak tertular virus COVID-19. Saya juga berpesan masyarakat tidak anggap remeh penularan virus ini, lebih baik tetap waspada daripada akhirnya tertular karena kelalaian kita sendiri," katanya.

Fitur Status Suhu
Sebagai upaya mencegah penularan COVID-19, Gojek juga telah menghadirkan inovasi fitur baru mengenai informasi status suhu tubuh mitra driver dan kebersihan kendaraan. Upaya tersebut untuk memastikan keamanan konsumen serta mitra driver di tengah pandemi COVID-19.

Sejak pekan lalu, jutaan pengguna Gojek dapat melihat fitur ini saat memesan layanan Gojek melalui aplikasi GoRide, GoCar dan GoFood. Gojek bahkan menjadi perusahaan dengan layanan on-demand pertama di Indonesia yang meluncurkan fitur ini guna memperkuat keamanan di ekosistemnya agar dapat terus diandalkan masyarakat.

Menurut Chief Operations Officer Gojek Hans Patuwo, kepercayaan masyarakat terhadap layanan Gojek merupakan tanggung jawab yang senantiasa dijaga dengan baik. Oleh karena itu, pihaknya berkomitmen untuk terus menghadirkan berbagai inovasi dan inisiatif yang dapat menjawab kebutuhan masyarakat, baik sebelum maupun selama pandemi COVID-19 ini.

"Tim operasional dan engineering kami bekerja keras menghadirkan inovasi-inovasi yang dibutuhkan masyarakat maupun mitra driver. Terbaru, saat memesan layanan Gojek, pengguna akan mengetahui status pengecekan suhu tubuh mitra driver dan status desinfeksi kendaraan," katanya.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4045 seconds (0.1#10.140)