Kebakaran Tak Pengaruhi Operasional Kilang Balongan

Senin, 04 Februari 2019 - 16:00 WIB
Kebakaran Tak Pengaruhi Operasional Kilang Balongan
Suasana di sekitar PT Pertamina EP Balongan, Indramayu, Jawa Barat, pascakebakaran. Foto/MNC Media/Toiskandar
A A A
JAKARTA - PT Pertamina EP menyebut kebakaran yang terjadi di area sekitar Pusat Pengumpul Produksi (Main Gathering Station Asset 3) di Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat telah berhasil dipadamkan. Kebakaran yang terjadi mulai pukul 09.40 WIB di dalam area Oil and Gas Transportation (OGT) Balongan berhasil dipadamkan pada pukul 10.15 WIB.

"Kebakaran sudah dapat ditanggulangi dan api sudah padam. Tim Health, Safety, Security, and Environment (HSSE) PT Pertamina EP saat ini sedang melakukan proses pendinginan," ungkap Public Relation Manager Hermansyah Y Nasroen dalam keterangan resmi, Senin (4/2/2019).

Nasroen menjelaskan, api dipadamkan dengan menggunakan enam fire truck (damkar) dari Pertamina EP, Pertamina MOR III, dan Pertamina RU VI Balongan. Sebanyak dua unit damkar digunakan untuk memadamkan api dan empat unit lainnya disiapkan standby.

Pertamina EP sudah berkoordinasi dengan pihak terkait seperti Kodim, Koramil, Polres, dan Polsek untuk pengondisian lokasi. Saat ini lokasi sudah kondusif dan masyarakat diimbau untuk tidak mendekati lokasi sesuai dengan aspek HSSE serta demi keamanan dan keselamatan masyarakat. Dilaporkan tidak ada korban jiwa dalam insiden yang terjadi.

Kejadian tersebut dilaporkan tidak mengganggu operasional MGS Balongan Asset 3 Pertamina EP secara keseluruhan dan tidak mempengaruhi operasional Kilang RU-VI Balongan, TBBM Balongan, serta Depot LPG Balongan. Seluruh kegiatan operasional berlangsung normal seperti biasa.

"Penyebab kebakaran masih dalam proses investigasi. Pertamina EP bersama pihak terkait terus melaksanakan langkah-langkah yang diperlukan dalam penanganan dan pengondisian lokasi dengan mengutamakan aspek HSSE di lokasi kejadian," tandasnya. (Baca Juga: Kebakaran di Pertamina Balongan, Warga Sekitar Menyelamatkan Diri(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.2140 seconds (0.1#10.140)