IPDN Angkat Bicara terkait Acara Halal Bihalal Praja di Kampus Jatinangor

Selasa, 26 Mei 2020 - 15:37 WIB
loading...
IPDN Angkat Bicara terkait Acara Halal Bihalal Praja di Kampus Jatinangor
Foto viral acara halal bihalal Praja IPDN di Kampus IPDN Jatinangor pada Minggu 24 Mei 2020. Foto/Tangkapan Layar Foto Viral
A A A
SUMEDANG - Pihak Institut Pemerintahan Dalam Negeri angkat bicara memberikan klarifikasi terkait pelaksanaan makan siang dan salat Idul Fitri 1441 Hijriah praja di Kampus IPDN Jatinangor pada Minggu 24 Mei 2020.

Dalam foto terlihat ribuan praja dan unsur pimpinan IPDN berkumpul di sebuah gedung. Mereka makan bersama dan menikmati hiburan. Tampak sejumlah orang tak mengenakan masker. Bahkan mereka tak menerapkan jaga jarak fisik dan sosial (physical and social distancing) sesuai protokol kesehatan untuk mencegah penularan COVID-19.

Foto acara ini viral di media sosial dan menuai beragam tanggapan dari wargnet. Sebagian besar menyayangkan acara seperti itu digelar di tengah pandemi Corona atau COVID-19. (BACA JUGA: Rencana Sekolah Dibuka 15 Juni 2020, Jabar Tunggu Instruksi Pusat )

Melaluirilis klarifikasi yang ditandangani Kepala Biro Administrasi Kerja Sama dan Hukum IPDN Baharuddin Pabba menyebutkan, IPDN adalah sebuah rumah besar yang didalamnya tinggal 3.747 Praja dan 200 lebih Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Sejak 15 Maret 2020 seluruh Praja sudah dikarantina, tidak diizinkan pesiar, dan dikunjungi oleh pihak luar, serta tidak diizinkan untuk mudik ataupun pulang kampung, termasuk juga sejumlah 819 orang PNS yang tidak diizinkan mudik, bahkan sebagian PNS bekerja dari rumah.

"Pada hari minggu tanggal 24 Mei 2020 sebanyak 3.092 orang praja muslim yang saat ini berada di Kampus IPDN Jatinangor, tetap melaksanakan salat Idul Fitri berjamaah di wisma masing-masing," kata BAharuddin dalam rilis tersebut, Selasa (25/5/2020). (BACA JUGA: Kasus Positif COVID-19 di Kota Depok Bertambah Tujuh )

Baharuddin mengemukakan, salat Id berjamaah dilaksanakan pada pukul 06.30 WIB di 38 wisma/barak IPDN. Imam dan khatib pelaksanaan salat Id adalah perwakilan praja yang merupakan anggota Rohis Praja IPDN.

"Setelah pelaksanaan salat Id, pada jam makan siang pukul 13.00-15.00 WIB, dilaksanakan makan siang bersama jajaran pimpinan IPDN di Menza (tempat makan praja di Kampus IPDN) yang diikuti 3.747 orang praja," ujar Baharuddin.

Pelaksanaan acara makan siang praja tetap mengacu kepada protokol kesehatan yakni menjaga jarak, menggunakan masker, dan mencuci tangan. (BACA JUGA: Update Corona Jabar: Kasus Positif 2.113 Orang, Sembuh dan Meninggal Nihil )

"Maksud dan tujuan dari acara ini, yakni memberikan apresiasi atas ketaatan, kepatuhan kepada praja IPDN, memberikan ketenangan, dan kenyamanan pelaksanaan Idul Fitri dengan tidak mudik, memberikan semangat belajar mengingat bulan depan sudah memasuki kalender ujian dan ini merupakan bentuk kepedulian pimpinan IPDN selaku orang tua praja di Kampus IPDN," tutur dia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6258 seconds (0.1#10.140)