Rencana Sekolah Dibuka 15 Juni 2020, Jabar Tunggu Instruksi Pusat

Selasa, 26 Mei 2020 - 13:34 WIB
loading...
Rencana Sekolah Dibuka 15 Juni 2020, Jabar Tunggu Instruksi Pusat
Pemprov Jawa Barat masih menunggu arahan dari pemerintah pusat terkait rencana kebijakan pembukaan kembali sekolah di tengah pandemi virus Corona atau COVID-19. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
BANDUNG - Pemprov Jawa Barat masih menunggu arahan dari pemerintah pusat terkait rencana kebijakan pembukaan kembali sekolah di tengah pandemi virus Corona atau COVID-19. Rencana pembukaan kembali sekolah mulai ramai diperbincangkan menyusul beredarnya kabar terkait rencana pemulihan aktivitas masyarakat berdasarkan kajian awal Kementerian Koordinator Perekonomian.

Dalam kajian awal tersebut disebutkan sejumlah fase pemulihan aktivitas masyarakat, salah satunya rencana pembukaan kembali kegiatan pendidikan di sekolah dengan sistem shift 15 Juni 2020. (Baca juga; KPAI Ungkap Banyak yang Tidak Setuju Sekolah Dibuka Juli )

Sekretaris Dinas Pendidikan Jabar, Wahyu Mijaya menegaskan, pihaknya belum mengambil keputusan terkait rencana pembukaan kegiatan pendidikan di sekolah tersebut. "Kita masih menunggu kebijakan dan arahan dari pusat, belum ada keputusan terkait hal itu (rencana pembukaan kembali kegiatan pendidikan di sekolah," tegasnya, Selasa (26/5/2020).

Meski begitu, lanjut Wahyu, Disdik Jabar telah melakukan pembahasan terkait sejumlah persiapan terkait mekanisme pembukaan kembali kegiatan pendidikan di sekolah di tengah pandemi COVID-19 itu. (Baca juga; Skenario Relaksasi, Mal Dibuka 8 Juni dan Sekolah 15 Juni )

"Kalau pembahasan sih sudah, kita sudah bahas soal persiapan terkait mekanisme dan penerapan kebijakannya, seperti mengatur jarak antar siswa dan sebagainya. Namun, soal kapan pemberlakuannya, kita tetap menunggu arahan kebijakan pusat," katanya. (Baca juga; Prancis Catat 70 Kasus Baru COVID-19 Setelah Sekolah Dibuka Kembali )

Diketahui, Pemprov Jabar dalam hal ini Disdik Jabar sendiri memiliki kewenangan penuh terkait kegiatan pendidikan di sekolah tingkat SMA/SMK/SLB di Provinsi Jabar. Setelah menerapkan pembelajaran secara online, saat ini, kegiatan pendidikan sudah masuk pada tahap Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMA/SMK/SLB mulai dari tahapan pendaftaran hingga seleksi yang juga digelar secara online untuk menghindari kerumunan.

PPDB SMA/SMK/SLB di Jabar terbagi ke dalam dua tahapan. Tahap pertama untuk jalur prestasi, jalur afirmasi, dan jalur perpindahan yang akan dilaksanakan pada 8-12 Juni 2020. Sedangkan tahap kedua untuk jalur zonasi pada 25 Juni-1 Juli 2020.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1715 seconds (0.1#10.140)