Kasus DBD Meningkat, Perilaku Manusia Turut Menjadi Penyebab

Sabtu, 02 Februari 2019 - 07:58 WIB
Kasus DBD Meningkat, Perilaku Manusia Turut Menjadi Penyebab
Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Tanah Air melonjak. Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Tanah Air melonjak. Lonjakan ini tidak hanya disebabkan nyamuk. Perilaku manusia yang tidak melakukan pola hidup sehat dan tidak peduli pada lingkungan yang menjadi tempat sarang nyamuk.

Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI Oscar Primadi mengatakan, upaya perubahan perilaku memang harus dilakukan dalam menyikapi DBD. Oscar menganggap persoalan DBD bukan hanya bersumber dari nyamuk, tapi ada perilaku manusia.

Perilaku tersebut misalnya membiarkan pakaian bekas pakai tergantung, tidak menguras bak, membiarkan genangan air di sekitar tempat tinggal. Belum lagi saat ini telah masuk musim hujan dengan potensi penyebaran DBD lebih tinggi.

"Musim penghujan inilah yang kalau kita tidak peduli dengan lingkungan, tidak mau menguras bak mandi, apalagi ban-ban bekas banyak dibiarkan di dekat permukiman, botol-botol bekas, kaleng-kaleng bekas, dan plastik-plastik bekas minuman kemasan dapat meningkatkan jumlah penyebaran DBD," kata Oscar.

Indonesia merupakan endemis DBD. Oscar mengatakan, masalah DBD merupakan masalah lingkungan dan cara mengatasinya perlu tindakan tidak hanya dari pemerintah, tapi dari setiap individu di lingkungan masing-masing.

"Warning ini sudah disikapi oleh teman-teman daerah (dinas kesehatan), jadi saya katakan demam berdarah ini memang endemis di seluruh Indonesia, karena ini persoalan lingkungan," ucap Oscar.

Kementerian Kesehatan sudah memahami bahwa akan terjadi lonjakan-lonjakan kasus DBD. Karena itu pada November 2018 Kemenkes telah mengirimkan surat edaran kewaspadaan peningkatan kasus DBD kepada semua gubernur.

Kemenkes juga mengirimkan logistik seperti insektisida, larvasida ke daerah-daerah. Selain itu pemerintah daerah telah melakukan upaya pencegahan DBD seperti penyelidikan epidemiologi dan penyuluhan yang dilakukan secara komprehensif.

Pemerintah daerah juga telah membentuk kelompok kerja operasional (Pokjanal) dalam mengatasi masalah DBD di daerahnya masing-masing. Selain itu disiagakan juga rumah sakit untuk merawat pasien DBD, karena penderita DBD perlu perawatan intensif di rumah sakit.

"Dalam kondisi seperti ini, semua pihak harus peduli, tidak hanya berharap pada pelayanan kesehatan, tidak hanya berharap pada petugas kesehatan, tapi juga aktivitas Pokjanal DBD di daerah ini harus dikerahkan karena persoalannya adalah lingkungan, tanpa sadar kita membiarkan nyamuk bersarang di lingkungan kita karena tingkat kepedulian rendah," kata dia. (Baca Juga: DBD Renggut 5 Nyawa Warga Pangandaran(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.5059 seconds (0.1#10.140)