Pemkot-Polrestabes Rekomendasikan Laga Persib vs Persiwa Tak di GBLA

Sabtu, 02 Februari 2019 - 00:33 WIB
Pemkot-Polrestabes Rekomendasikan Laga Persib vs Persiwa Tak di GBLA
Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Gedebage, Kota Bandung. Foto/SINDO/Dok
A A A
BANDUNG - Laga Piala Indonesia antara Persib Bandung menjamu Persiwa Wamena direkomendasikan tak digelar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) Gedebage, Kota Bandung.

Pasalnya, kondisi stadion kebanggaan warga Kota Bandung itu tak memungkinkan untuk menggelar pertandingan dengan jumlah penonton yang mencapai puluhan ribu orang.

Rekomendasikan tersebut disampaikan Pemkot Bandung dan Polrestabes Bandung kepada panitia pelaksana (panpel) pertandingan seusai pertemuan tertutup di Mapolrestabes Bandung, Jalan Merdeka, Jumat (1/2/2019) malam.

Sedianya, laga leg kedua Piala Indonesia antara Persib Bandung versus Persiwa Wamenaakan digelar di Stadion GBLA Bandung pada Senin (4/2/2019). Namun lantaran ada rekomendasi tersebut, kemungkinan laga dipindahkan ke stadion lain.

Kepala Dinas Tata Ruang Kota Bandung Iskandar Zulkarnaen mengatakan, terjadi penurunan muka tanah di Stadion GBLA. Akibatnya, bangunan penunjang stadion dan akses jalan pun terjadi penurunan.

Namun Dinas Tata Ruang,belum dapat memastikan stadion tersebutbisa digunakan untuk menggelar pertandingan atau tidak. "Bangunan penunjang stadion terjadi penurunan. Beberapa bagian bangunan utama stadion juga retak. Jadi kami sarankan ada tim untuk melakukan kajian lebih lanjut. Takut terjadi ambles," kata Iskandar seusai rapat di Mapolrestabes Bandung.

Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Irman Sugema mengatakan, demi keamanan dan keselamatan, pihaknya juga menyarankan kepada panpel pertandingan Persib untuk sementara tidak menggunakan Stadion GBLA.

"Kapasitas kami terkait keamanan. Ada beberapa aspek keamanan yang dilihat, dari orang, tempat, dan kegiatan itu menjadi bagian dari objek yang harus diamankan," kata Irman.

Irman mengemukakan, pihaknya telah mengetahui kondisi stadion yang dinilai tak memungkinkan untuk menjadi lokasi pertandingan. Karena itu, demi keamanan dan keselamatan, Polrestabes Bandung menyarankan panpel pertandingan Persib untuk sementara tidak menggunakan stadion GBLA. Ini sesuai rekomendasi Dispora Kota Bandung.

"Kami sarankan bisa di tempat lain misalkan di Stadion si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung atau stadion yang lebih presentatif seusai," kata Irman di tempat sama.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Bandung Dodi Ridwansyah mengungkapkan, pihaknya akan melakukan penelusuran terkait kondisi bangunan Stadion GBLA. Berdasarkan pengecekan yang dilakukan Pemkot Bandung dan Polrestabes Bandung terdapat kerusakan di stadion berkapasitas 38.000 penonton itu.

"Kalau memang kondisinya tidak memungkinkan, kami tidak memberikan rekomendasi (pertandingan Persib vs Persiwa) di GBLA. Kalaupun dipaksakan, ada risiko yang muncul, bermasalah untuk semuanya. Cuma bagaimana panpel (Panitia Penyelenggara) komunikasi dengan PSSI," ungkap Dodi.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.4568 seconds (0.1#10.140)