alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Bupati Aa Umbara Ajak 1.600 ASN Kerja Bakti di Kompleks Pemda

Adi Haryanto
Bupati Aa Umbara Ajak 1.600 ASN Kerja Bakti di Kompleks Pemda
Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna memimpin 1.600 ASN melakukan kerja bakti massal bersih-bersih lingkungan kompleks Pemda KBB. Foto/SINDOnews/Adi Haryanto

BANDUNG BARAT - Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna mengajak sebanyak 1.600 ASN secara serempak untuk melakukan kerja bakti bersama-sama di kompleks perkantoram Pemda Bandung Barat, Jumat (1/2/2019).

Selain untuk memperindah lingkungan kantor, bersih-bersih ini juga bertujuan untuk menghapus jarak para ASN, mulai dari kepala dinas, kabid, kasi, hingga para tenaga kontrak dengan Bupati.

"Saya sengaja ingin membangun hubungan emosional tanpa sekat dengan semua ASN, makanya hari ini kita sama-sama membabat rumbut liar dan memungut sampah agar kantor menjadi bersih," ucapnya kepada wartawan.



Menurutnya, jika hubungan emosional sudah terbangun dengan baik maka kinerja dan kedisiplinan juga akan tumbuh dengan sendirinya dalam menjalankan kewajiban sebagai pelayan masyarakat. Terbukti dengan antusias ASN yang berdasarkan data ada 1.600 orang yang ikut bersih-bersih ini mencirikan jika ASN di KBB kompak. Budaya itu yang ingin dipertahankan agar kinerja pemerintahan semakin baik.

Aa Umbara mengatakan, ada beberapa hal yang digelorakan dalam pemerintahan yang dipimpinnya untuk membangun emosional serta meningkatkan kedisiplinan. Di antaranya melalui pelaksanaan apel pagi setiap hari Senin yang dilanjutkan dengan sholat duha bersama, termasuk salat subuh berjamaah setiap Jumat di Masjid Ash Shiddiq kompleks pemda.

"Saya juga ingin melalui kegiatan ini bisa menumbuhkan kembali gotong royong di masyarakat yang kini seperti mulai hilang," ujarnya.

Momentum ini juga dilaksanakan dalam rangka peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tingkat KBB. Sejalan dengan program Forum KBB Sehat dalam meraih penghargaan Swasti Saba Wistara yang kedua kalinya sebagai penghargaan bagi kabupaten/kota sehat. Sehingga semua harus termotivasi dalam menjaga kebersihan dan etos kerja di instansi masing-masing.

"Kegiatan ini akan ditindaklanjuti dengan membuat surat edaran ke tingkat kecamatan, desa, hingga RW untuk melakukan kerja bakti rutin setiap Jumat," pungkasnya.



(awd)