3 Rumah Sakit di Bandung Dapat Bantuan 5 Unit Swab Chamber

Selasa, 26 Mei 2020 - 10:20 WIB
loading...
3 Rumah Sakit di Bandung Dapat Bantuan 5 Unit Swab Chamber
Tiga rumah sakit rujukan COVID-19, yaitu RS Hasan Sadikin Bandung, RS Paru Rotinsulu Kota Bandung, dan RS Al-Ikhsan Kabupaten Bandung, dapat bantuan Swab Chamber. SINDOnews/Arif Budianto
A A A
BANDUNG - Tiga rumah sakit rujukan COVID-19, yaitu RS Hasan Sadikin Bandung, RS Paru Rotinsulu Kota Bandung, dan RS Al-Ikhsan Kabupaten Bandung, mendapat bantuan Swab Chamber . Alat tersebut berfungsi memisahkan kontak antara pasien dengan tenaga kesehatan dalam proses pengambilan sampel swab atau PCR (Polymerase Chain Reaction).

Bantuan tersebut diberikan oleh Marketing Operation Region III Pertamina, hasil kerja sama dengan Fakultas Teknik Mesin dan Digantara ITB, Fakultas Kedokteran Unpad, serta Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Jawa Barat. (Baca juga; Himpunan FT Mesin ITB Serahkan Bantuan Swab Chamber ke RSUD Cibabat )

Nantinya, dengan swab chamber, tenaga medis yang akan mengambil sampel droplet, tidak bertatap muka secara langsung dengan pasien. Sehingga kecil kemungkinan terpapar penyebaran virus. Saat digunakan, pasien akan berdiri di hadapan swab chamber sedangkan petugas medis di dalam kotak swab chamber.

Swab chamber menciptakan ruangan yang bertekanan positif menggunakan hepafilter yang membuat ruangan tetap steril sehingga tidak akan terjadi transmisi lokal. (Baca juga; Sekarang Tes Swab Corona di Subang Hasilnya Bisa Cepat )

Unit Manager Communication, Relations & CSR MOR III Pertamina Dewi Sri Utami mengatakan, Pertamina dalam hal ini mendukung pembiayaan pembuatan 5 alat yang dibuat ITB, FK Unpad, dan IDI Jabar.

“Kami sangat mendukung hasil karya anak bangsa yang berinovasi dalam upaya mencegah penularan virus Covid-19, khususnya para tenaga kesehatan yang berhubungan langsung dengan pasien. Semoga bantuan inovasi swab chamber ini dapat bermanfaat untuk para tenaga kesehatan selama menjalankan tugas mulia ini,” ujar Dewi.

Direktur Utama RSUP dr Hasan Sadikin Bandung Nina Susana Dewi mengaku berterima kasih atas bantuan dan kepedulian dari Pertamina, ITB, Unpad, dan IDI terhadap para tenaga kesehatan.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1956 seconds (0.1#10.140)