alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

ASN Kota Tasikmalaya Mulai Bersepeda ke Kantor

Jani Noor
ASN Kota Tasikmalaya Mulai Bersepeda ke Kantor
Sekretaris Daerah Kota Tasikmalaya Ivan Dicksan (kedua dari kanan) mengabadikan momen bersepeda di Hari Jumat ketika tiba di Bale Kota bersama Pejabat lain. Foto/SINDOnews/Jani Noor

TASIKMALAYA - Sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, mulai bersepeda pada Jumat (1/2/2019) ini. Hal ini merupakan implementasi dari
Surat Edaran Wali Kota Tasikmalaya tentang imbauan berangkat kerja menaiki sepeda setiap Hari Jumat.

Seperti di Bale Kota Tasikmalaya, Jalan Letnan Harun No 1, sejumlah pejabat datang bersepeda. Sekretaris Daerah Kota Tasikmalaya Ivan Dicksan memberi contoh baik dengan bersepeda. Diikuti para Asisten Daerah, Kepala Badan, dan para Kepala Bagian, mereka tiba di Bale Kota.

"Lumayan dari rumah ke sini (Bale Kota) setengah jam-an lah. Tadi saya berangkat bersama ASN lain yang dekat dengan rumah saya," kata Ivan ketika tiba di Bale Kota, Jumat (1/2/2019).



Ivan pun langsung bergegas ke ruangannya untuk beristirahat sejenak sebelum melaksanakan apel pagi. "Kalau saya cuma lima menitan. Bawa baju sendiri sehingga tinggal ganti seragam," ujar Kepala Bagian Organisasi Imin Muhaemin.

Memang belum semua ASN bersepeda ke kantor. Apalagi, bagi yang jarak rumahnya ke kantor jauh. Mereka tetap mengendarai roda dua atau empat.

Ivan mengatakan, Jumat ini masih sebatas sosialisasi. Implementasi SE itu akan diefektifkan Jumat depan.

SINDOnews pun menghubungi Wali Kota Tasikmalaya Budi Budiman yang meminta maaf tidak bisa bersepeda di Jumat pertama karena sedang di Jakarta. Ia berjanji bersepeda pada Jumat depan, dari kediamannya di Jalan Bojong ke Bale Kota.

"Hari ini memang hari pertama bersepeda. Tapi saya ada dinas luar di Jakarta. Makanya tadi Pak Sekda yang mengawali. Insya Allah minggu depan mulai kita galakkan bersepeda," ucapnya.

Tak hanya Wali Kota, Wakil Wali Kota Tasikmalaya Muhamad Yusuf juga tak nampak bersepeda ke Bale Kota. Menurut informasi, Yusuf juga sedang di Jakarta.

Sebelumnya Wali Kota Tasikmalaya Budi Budiman mengeluarkan Surat Edaran (SE) Nomor 426/239/Kesra 2019 tentang Gerakan Masyarakat Sehat Melalui Bersepeda.

ASN, BUMN/BUMD, TNI/Polri di Kota Tasikmalaya diimbau menggunakan sepeda ketika berangkat kerja di setiap Hari Jumat. Edaran tersebut, kata Budi, betujuan menciptakan lingkungan sehat dan nyaman bebas polusi sebagai tindak lanjut Instruksi Presiden RI Nomor 1 Tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat.



(zik)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif