SCI Usulkan Persoalan Logistik Jadi Bahasan Debat Capres

Rabu, 30 Januari 2019 - 13:33 WIB
SCI Usulkan Persoalan Logistik Jadi Bahasan Debat Capres
Debat Pertama Pilpres 2019. Foto/Dok SINDOnews
A A A
BANDUNG - Supply Chain Indonesia (SCI) mengusulkan agar persoalan logistik menjadi tema bahasan dalam Debat Pilpres 2019 . SCI menilai, sektor logistik menjadi unsur penting dalam pembangunan Indonesia.

Chairman SCI Setijadi mengatakan, sektor logistik faktor sangat penting pendukung pertumbuhan ekonomi. Selain itu, sektor ini menjadi unsur pembentuk konektivitas untuk daya saing nasional, walaupun perbaikan dan pengembangan sektor logistik sulit karena bersifat multisektoral.

"Pengembangan sektor ini diperlukan perencanaan, implementasi, dan pengendalian secara sistemik, sistematis, dan terintegrasi mulai dari infrastruktur, regulasi, birokrasi, teknologi informasi, SDM, dan lainnya. Tapi sayangnya, topik sektor logistik tidak ada dalam jadwal debat yang dikeluarkan Komisi Pemilihan Umum ," jelas Setijadi, Rabu (30/1/2019).

Dia mengusulkan sektor logistik menjadi salah satu topik dalam Debat Pilpres 2019. Jika memang topik debat tersebut tidak dapat diubah karena telah ditetapkan dan dipublikasikan, SCI mengusulkan aspek-aspek logistik menjadi topik paparan atau pertanyaan.

"Tinjauan aspek logistik sangat relevan dalam topik-topik debat. Misalnya pada debat kedua dan kelima. Misalnya yang berkaitan dengan logistik adalah energi dan pangan serta infrastruktur. Di situ bisa dibahas bagaimana strategi pengembangan sektor logistik dilakukan untuk mengatasi persoalan-persoalan pasokan dan pemerataan ketersediaan energi dan pangan," beber dia.

Dalam sejumlah kasus kebutuhan barang pokok, masalah kelangkaan, harga mahal, dan fluktuasi harga terjadi bukan karena masalah produksi, tetapi karena masalah transportasi dan distribusi sebagai bagian dari sistem logistik. Topik infrastruktur pun menurutnya sangat terkait dengan logistik.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.4729 seconds (0.1#10.140)