Polres Karawang Ringkus 10 Pelaku Curanmor Bersenjata Pistol Rakitan

Selasa, 29 Januari 2019 - 18:29 WIB
Polres Karawang Ringkus 10 Pelaku Curanmor Bersenjata Pistol Rakitan
Kapolres Karawang AKBP Slamet Waloya (tengah) menunjukan barang bukti kejahatan para pelaku curanmor di Mapolres Karawang. Foto/SINDOnews/Nilakusuma
A A A
KARAWANG - Jajaran Polres Karawang meringkus 10 pelaku pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) di berbagai lokasi. Mereka merupakan bagian dari lima sindikat curanmor yang diburu aparat kepolisian karena meresahkan masyarakat.

Dari tangan para tersangka polisi berhasil mengamankan delapan unit motor, satu unit mobil, senjata rakitan, beberapa butir peluru, dan senjata tajam.

"Mereka merupakan kelompok Lampung yang sudah lama malang melintang di Karawang. Sudah puluhan kali mereka berhasil beraksi. Mereka sangat meresahkan dan sudah menjadi target operasi kami," kata kapolres Karawang AKBP Slamet Waloya saat ekspos kasus di Mapolres Karawang, Selasa (29/1/2019).

Dia mengemukakan, dari 10 tersangka yang ditangkap, salah satu di antaranya adalah perempuan yang berperan sebagai penadah barang curian. Penadah ini membeli motor curian dari beberapa tersangka yang ditangkap.

Berdasarkan pengakuan dari tersangka, ujar Kapolres, masih ada beberapa penadah yang juga membeli motor curian dari mereka. "Kami masih memburu penadah lainnya karena mereka ada yang berdomisili di Karawang dan di luar Karawang," ujar Kapolres.

Slamet menuturkan, polisi menjerat tersangka dengan pasal pencurian dan kepemilikan senjata api, yaitu Pasal 363 dan 365, serta UU Nomor 12/1951 KUHP. "Kami kenakan pasal berlapis karena tersangka juga memiliki senjata api dan senjata tajam," tutur Slamet.

Slamet mengungkapkan, para tersangka mengaku telah mencuri motor di wilayah Karawang lebih dari 50 kali. Dalam sehari, mereka mempu "memetik" 5 hingga 6 unit motor.

Dalam beraksi, para pelaku selalu membawa senjata pistol rakitan. "Tersangka mengaku membeli pistol rakitan seharga Rp4 juta. Mereka mempersenjatai diri untuk mengamankan setiap aksinya," pungkas Slamet.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.4395 seconds (0.1#10.140)