Pos Indonesia Luncurkan Prangko Shio Khas Imlek 2570

Selasa, 29 Januari 2019 - 00:10 WIB
Pos Indonesia Luncurkan Prangko Shio Khas Imlek 2570
Pegawai PT Pos Indonesia menunjukkan contoh prangko bergambar Shio Babi untuk menyambut Imlek 2570/2018. Foto/ISTIMEWA
A A A
BANDUNG - Untuk menyambut perayaan Imlek 2570, PT Pos Indonesia (Persero) meluncurkan seri terbaru prangko Shio Babi dengan menampilkan profil babi pada artefak-benda peninggalan sejarah Nusantara di Atrium Mall 23 Paskal Bandung, Senin (28/1/2019).

Manajer Public Relations Tita Puspitasari mengatakan, PT Pos Indonesia (Persero) rutin menerbitkan seri prangko bertema shio sejak 2007. Tahun ini telah memasuki tahun kedua belas.

"Langkah Pos Indonesia menerbitkan prangko bertema shio inisemoga dapat memenuhi harapanpara filatelis lokal dan mancanegara, terutama masyarakat Tionghoa Indonesia yang juga banyak menjadi pencinta filateli," kata Tita dalam rilis tertulis yang diterima SINDOnews.

Selain dibuat dalam jumlah terbatas dan dicetak melalui proses security printing oleh pihak PERURI, ujar Tita, tema prangko yang selalu diminati khususnya oleh para Filatelis ini tentu tidak akan dicetak ulang dengan alasan apapun.

Dia mengemukakan, sampul hari pertama hanya dicetak 2.570 lembar. Salah satu keping atau lembar prangko Tahun Babi ini dicetak menggunakan teknik emboss.

Emboss, ujar dia, merupakan teknik finishing proses cetak tinggi yang memberikan efek timbul pada bagian tertentu di permukaan kertas. Sehingga desain menjadi berkesan 3 dimensi.

"Melanjutkan tradisi penerbitan tema astrologi sebelumnya, pada penerbitan seri Tahun Babi ini juga diterbitkan Kemasan Khusus yang dicetak hanya 5.000 set," ujar dia.

Tita menuturkan, salah satu fungsi prangko adalah sebagai perekam peristiwa dan sebagai media perekat antar bangsa. Prangko dengan tema shio merupakan perwujudan pembauran budaya antarbangsa dan warga negara, antara budaya Indonesia dengan Tionghoa.

"Tidak hanya itu, penerbitan seri prangko Shio Babi merupakan kebanggaan bagi Pos Indonesia untuk turut berpartisipasi meramaikan Tahun Baru China," tutur Tita.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.9330 seconds (0.1#10.140)