alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Bupati Bandung Barat Instruksikan ASN Berbaju Pramuka Setiap Tanggal 14

Adi Haryanto
Bupati Bandung Barat Instruksikan ASN Berbaju Pramuka Setiap Tanggal 14
Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna melantik Pengurus Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Bandung Barat. Foto/SINDOnews/Adi Haryanto

BANDUNG BARAT - Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna mengeluarkan Surat Edaran (SE) Nomor 025/222/Org tentang Penggunaan Seragam Pramuka Bagi ASN Pemangku Jabatan Struktural. Instruksi ini sebagai bentuk penghormatan terhadap Gerakan Pramuka yang telah dicetuskan sejak tanggal 14 Agustus 1961 dan terus bertahan serta berkembang menjadi organisasi besar seperti sekarang.

"Inspirasinya mendadak saja, ketika dikasih baju Pramuka maka saya cetuskan setiap tanggal 14 setiap bulannya pejabat ASN struktural di lingkungan Pemda KBB harus pakai baju Pramuka," ungkap Aa Umbara seusai pelantikan Mabicab dan Kwartir Cabang (Kwarcab) Bandung Barat Periode 2018-2023 di Plaza Mekarsari, Kompleks Pemda KBB, Senin (28/1/2019).

Menurutnya, kejayaan Gerakan Pramuka harus terus digelorakan di kalangan generasi muda melalui ekstrakurikuler wajib di sekolah. Apalagi, Pramuka sebagai organisasi pendidikan nonformal yang memiliki tujuan membentuk pribadi beriman, bertakwa, memiliki akhlak mulia, mempunyai jiwa patriotik, taat terhadap hukum dan disiplin, menjunjung tinggi nilai keluhuran bangsa, serta memiliki dan menguasai kecakapan hidup.



Untuk itu perlu adanya dukungan terhadap Gerakan Pramuka dari seluruh masyarakat yang dipelopori oleh ASN di lingkungan Pemda KBB. Tujuan Pramuka ini sejalan dengan pembentukan karakter ASN sebagaimana kode etik dan kode perilaku yang tertuang dalam UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN.

Karena itu, dia meminta agar seluruh pemangku jabatan struktural di Pemda KBB menghormati Pramuka dengan menggunakan seragam Pramuka pada tanggal 14 setiap bulannya.

Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Pramuka Jawa Barat Dede Yusuf Macan Effendi, mengapresiasi inisiatif baik dari Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna yang menginstruksikan ASN untuk memakai baju Pramuka tanggal 14 setiap bulannya. Hal itu tentunya akan menciptakan kebanggaan kepada Pramuka yang mendapatkan tempat istimewa di jajaran pemerintah daerah.

"Setahu saya kalau pemakaian baju Pramuka tanggal 14 setiap bulannya di Indonesia baru di sini (KBB), karena yang sudah berjalan adalah setiap 14 Agustus," ucapnya.

Sementara itu Ketua Kwarcab Pramuka Bandung Barat Aseng Junaedi mengatakan pihaknya melakukan Touring Sadulur yakni saba dusun dan lembur. Touring dilakukan ke Kecamatan Ngamprah, Padalarang, Saguling, Cipatat, Cipeundeuy, dan Cikalong Wetan. Tujuannya agar Gerakan Pramuka ini terasa dan diterima semua lapisan masyarakat.

"Agenda terjun ke wilayah ini untuk lebih mendekatkan pramuka dengan masyarakat di Bandung Barat," ucapnya.



(zik)