PAN-Koalisi Galang Kekuatan Menangkan Prabowo-Sandi di Kota Bandung

Minggu, 27 Januari 2019 - 22:00 WIB
PAN-Koalisi Galang Kekuatan Menangkan Prabowo-Sandi di Kota Bandung
PAN Kota Bandung dan partai koalisi siap berkolaborasi memenangkan Prabowo-Sandi di Kota Bandung. Insert: Ketua DPD PAN Kota Bandung Uum Syarif Usman. Foto/SINDOnews/Agung Bakti Sarasa
A A A
BANDUNG - Partai Amanat Nasional (PAN) bertekad memenangkan pasangan calon presiden-wakil presiden (capres-cawapres) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno (Prabowo-Sandi) di Kota Bandung.

Sebagai salah satu partai politik (parpol) pengusung pasangan capres-cawapres nomor urut 02 itu, PAN telah melakukan langkah-langkah pemenangan, mulai dari konsolidasi internal parpol koalisi hingga koordinasi dengan simpul-simpul relawan Prabowo-Sandi di Ibu Kota Provinsi Jawa Barat itu.

"Kami telah menggalang kekuatan bersama dengan partai koalisi untuk bisa memenangkan Prabowo-Sandi di Kota Bandung," kata Ketua DPD PAN Kota Bandung Uum Syarif Usman dalam Rapat Kerja DPD PAN Kota Bandung di Poster Hotel, Jalan PHH Mustofa, Kota Bandung, Minggu (27/1/2019).

PAN-Koalisi Galang Kekuatan Menangkan Prabowo-Sandi di Kota Bandung


Dengan kolaborasi bersama parpol koalisi, yakni PKS, Gerindra, dan PPP Muktamar Jakarta, pihaknya optimistis mempersembahkan kemenangan bagi Prabowo-Sandi.

Terlebih, kultur politik di Kota Bandung semakin baik yang ditandai dengan masyarakatnya yang aktif menunjukkan sikap politik berskala nasional.

"Momen kita sekarang sudah bagus di mana biasanya tagline-tagline politik itu lahir dari para politisi, sekarang justru masyarakat yang sudah mendahului memberikan langkah-langkah politik," ujar dia.

Disinggung kontribusi yang akan diberikan PAN untuk kemenangan Prabowo-Sandi di Kota Bandung, Uum mengatakan, berkaca kepada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014 lalu, pihaknya siap memberikan kontribusi 23% suara untuk kemenangan Prabowo-Sandi di Kota Bandung. "Untuk (kontribusi) PAN di Kota Bandung kira-kira 23%," tutur Uum.

Uum mengungkapkan, selain menargetkan kemenangan bagi Prabowo-Sandi, pihaknya bertekad meraih suara maksimal di ajang Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019.

Pihaknya ingin mengembalikan kepercayaan publik untuk memilih PAN setelah pada Pileg 2014 lalu, PAN Kota Bandung tidak meraih satu pun kursi legislatif.

"Kami ingin mempersembahkan satu kursi untuk DPR RI, satu kursi untuk DPRD provinsi, dan enam kursi di DPRD Kota Bandung," ungkap Uum.

Meski kini PAN tidak memiliki kursi di legislatif Kota Bandung, namun dia meyakinkan, sebaran suara PAN di setiap daerah pemilihan (dapil) Kota Bandung kini lebih baik. Kondisi tersebut membuat pihaknya optimistis kembali mendapatkan kepercayaan publik Kota Bandung.

"Apalagi, PAN sudah menemukan ruh dan ghirahnya lagi. Semangat dan sikap dari para pengurus pun sudah relatif menunjukan ghirah yang sangat positif. Tidak lagi dengan gaya berpolitik 'pragmatis' misalnya," ungkap dia.

Uum menambahkan, pihaknya juga telah berkolaborasi dengan Partai Islam Damai Aman (Idaman) sesuai keputusan pusat dalam rangka menyatukan aspirasi politik agar melebur bersama PAN.

"PAN mengakomodir caleg yang semula berasal dari Partai Idaman kemudian menjadi kader PAN untuk menjadi anggota legislatif," pungkas Uum.

Sementara itu, Sekretaris DPC Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kota Bandung Muktamar Jakarta Nanang Djuhana yang hadir dalam Rakereda PAN Kota Bandung itu menilai, hubungan parpol dengan PAN terjaga baik.

"Kami ingin membantu, khsusunya PAN Kota Bandung yang kemarin tidak punya kursi. Kami siap untuk bekerja sama dengan DPD PAN Kota Bandung. Tapi, secara organisasi, tentu kami juga akan melaksanakan rapat pimpinan cabang," ujar Nanang.

Nanang mengaku, pihaknya memang kerap bersinergi dengan PAN, seperti pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jabar 2018 lalu dimana PPP berkolaborasi dengan PAN untuk memenangkan pasangan gubernur-wakil gubernur Jabar Sudrajat-Ahmad Syaikhu (Asyik).

"Sebagai instruktur paling bawah, DPC PPP Kota Bandung tidak akan lepas dari intsruksi ketua umum," tandas dia.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.6889 seconds (0.1#10.140)