Angin Puting Beliung Terjang Dua Dusun, 29 Rumah Rusak

Minggu, 27 Januari 2019 - 13:59 WIB
Angin Puting Beliung Terjang Dua Dusun, 29 Rumah Rusak
Rumah warga di Dusun Krajan rusak bagian atap setelah diterjang angin puting beliung. Foto/SINDOnews/Nilakusuma
A A A
KARAWANG - Angin puting beliung menerjang Dusun Krajan dan Sukamulya, Desa Pusaka Jaya, Kecamatan Cilebar, Kabupaten Karawang Jawa Barat, Minggu (27/1/2019) subuh.

Tidak ada korban jiwa atau luka dalam peristiwa tersebut namun sekitar 29 rumah warga rusak pada bagian atap. Saat kejadian berlangsung, sebagian besar warga masih tidur. Mereka terkejut dan berlarian keluar rumah saat terdengar suara gemuruh dan angin kencang menerbangkan genting.

"Peristiwa itu terjadi saat subuh ketika banyak warga yang masih tidur mendengar suara gemuruh karena genting atap rumah beterbangan. Tidak ada korban jiwa atau luka dalam peristiwa tersebut hanya rumah warga rusak bagian atapnya. Persisnya ada 23 rumah warga mengalami kerusakan, kerugian ditaksir mencapai Rp120 juta." kata Kaming, salah seorang petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karawang, Minggu (27/1/2019).

Menurut Kaming angin puting beling menerjang dua dusun yaitu di Dusun Krajan RT 01 dan RT02 dan Dusun Sukamulya RT 002. Sebanyak 29 rumah di dua dusun tersebut rusak parah pada bagian atap, dimana genting pecah setelah sempat berterbangan. "Ada 90 jiwa yang tinggal di dusun tersebut dan mereka semua dinyatakan selamat dari bencana," ujar dia.

Kaming menuturkan, petugas BPBD Karawang datang ke lokasi bencana setelah mendapat laporan dari warga setempat. Saat tiba dilokasi kejadian, petugas menemukan rumah-rumah warga yang sudah porakporanda.

"Peristiwanya berlangsung cepat dan hanya sebentar, rumah warga berantakan. Kami datang membantu warga membersihkan puing-puing genting yang sudah pecah," tutur Kaming.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.4660 seconds (0.1#10.140)