Sasak Gantung di Majalengka Ini Sangat Instagramable

Sabtu, 26 Januari 2019 - 14:46 WIB
Sasak Gantung di Majalengka Ini Sangat Instagramable
Sasak Gantung di Jatitujuh, Majalengka, Jawa Barat. Foto/SINDOnews/Inin Nastain
A A A
MAJALENGKA - Bagi Anda yang suka swafoto dan penasaran dengan lokasi yang memiliki daya tarik tersendiri atau instagramable, datanglah ke Majalengka , Jawa Barat. Di situ ada Sasak (Jembatan) Gantung yang sangat instagtramable.

Sasak Gantung ini adalah buah karya penggiat seni dari Komunitas Hujan Keruh, Jatitujuh. Bersama sejumlah komunitas lainnya, mereka mengubah tampilan Sasak (Jembatan) Gantung yang menghubungkan dua blok di Desa/Kecamatan Jatitujuh menjadi tempat yang cukup memesona.

Dengan goresan cat warna-warni, kini Sasak Gantung yang terbentang sekitar 30 meter, dari Blok Kelewih ke Blok Anjun itu menjelma menjadi tempat yang sayang untuk dilewatkan.

"Bersama teman-teman dari berbagai komunitas, kami mencoba untuk mempercantik sasak ini dengan cara mengecat ulang. Tujuannya ya menjaga, sekaligus bisa digunakan untuk foto-foto, jadi tempat yang Instagramable," kata penggiat Komunitas Hujan Keruh, Saprud, saat berbincang dengan SINDOnews, Sabtu (26/1/2019).

Keberadaan Sasak Gantung ini memang sudah cukup lama. Sehari-hari, sasak itu dimanfaatkan oleh masyarakat Blok Anjun untuk beraktivitas di ibu kota kecamatan, seperti untuk belanja ke pasar, sekolah, maupun kegiatan lainnya.
Sasak Gantung di Majalengka Ini Sangat Instagramable

Sasak Gantung sebenarnya bukan satu-satunya akses masyarakat Blok Anjun ke ibu kota kecamatan. Namun, lantaran jarak yang relatif dekat, masyarakat lebih memilih Sasak Gantung itu untuk beraktivitas sehari-hari.

"Awalnya Sasak Gantung ini dibuat dari bambu. Sekitar tahun 2013-2014-an dibangun sasak baru dalam program TMSK (TNI Manunggal Sindang Kasih). Seiring berjalannya waktu, warnanya mulai pudar. Akhirnya hari Minggu pekan kemarin kami berinisiatif untuk urunan (patungan) mengecat kembali," papar dia.

Mengecat ulang Sasak Gantung bukan akhir dari segalanya. Ke depan, setelah proses pengecatan sasak selesai, dipastikan akan ada langkah-langkah lanjutan.

"Agar lebih instagramable lagi. Selain itu, ada juga program-program lainnya. Seperti hari Minggu (besok) kami menggelar Festival Sasak Gantung. Karena festival adalah keberagaman, maka akan hadir seni musik, tari, sastra, teater, dan seni rupa," jelas dia.

Sebagai tambahan info, Sasak Gantung ini terletak tidak jauh dari Bendung Rentang , hanya sekitar 2 kilometer. Namun, mengingat akses jalan menuju lokasi masih terbatas, dengan kondisi jalan rusak dan terletak persis di gawir (tebing sungai), alangkah baiknya lebih berhati-hati lagi ketika hendak berkunjung ke sana.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.9473 seconds (0.1#10.140)