Setahun Layani 2,3 Juta Menu di Kereta, PT KAI Tak Gunakan Plastik

Jum'at, 25 Januari 2019 - 17:36 WIB
Setahun Layani 2,3 Juta Menu di Kereta, PT KAI Tak Gunakan Plastik
Jajaran Direksi PT KAI dan PT RMU saat launching green pack di Stasiun Bandung, Jumat (25/1/2019). Foto/SINDOnews/Arif Budianto
A A A
BANDUNG - PT Kereta Api Indonesia (KAI) berkomitmen menghilangkan penggunaan plastik pada sajian menu makanan di kereta api. Upaya itu dilakukan untuk mendukung go green.

Dirut PT KAI Edi Sukmoro mengatakan, saat ini penggunaan plastik di dunia sudah sangat memprihatinkan. PT KAI sebagai salah satu BUMN yang memiliki anak usaha di bidang makanan, berkomitmen mengubah penggunaan kemasan berbahan plastik menjadi bungkus yang ramah lingkungan.

“Packaging makanan dari Reska, kami upayakan ramah lingkungan. Sistem baru ini, mengubah sistem packing makanan di Reska,” kata Edi di sela-sela peluncuran Green Pack di Stasiun Bandung, Kota Bandung, Jumat (25/1/2019).

Dia mengemukakan, PT KAI akan terus berkomitmen mendukung program pengurangan kantong plastik. Pengembangan ini ke depan akan diupayakan dipakai di semua tempat yang dikelola PT KAI.

Plt Direktur Utama PT Reska Multi Usaha (RMU), anak usaha PT KAI, Muhammad Sahli menyatakan, go green merupakan komitmen PT RMU dan PT KAI dalam mendukung kelestarian lingkungan. Tahap awal, langkah ini akan diterapkan di Stasiun Bandung.

“Dalam satu tahun, kami memproduksi 2.300.000 porsi makanan. Jika menggunakan kemasan berbahan dasar plastik, dapat dibayangkan sampah plastik ini baru dapat terurai dalam waktu minimal 500 tahun,” ujar dia.

Karena itu, tutur Edi, PT KAI mengubah kemasan yang semula menggunakan kemasan berbahan plastik menjadi berbahan kertas atau Green Pack. Ini merupakan langkah konkret PT KAI dalam mendukung kelestarian lingkungan.

Tak hanya itu, PT RMU (anak perusahaan PT KAI dalam bidang penyediaan makanan di kereta) juga memperkenalkan program baru Exploring Indonesia Kuliner On Train. Para pelanggan diajak menikmati sajian kuliner Indonesia selama dalam perjalanan kereta api.

Plt Direktur Consumer Business PT RMU Surjanto Hartanto mengaatakan, pihaknya memperkenalkan produk menu makanan terbaru untuk perjalanan para pelanggan di atas KA. Harapannya, para penumpang bisa memilih aneka ragam makanan yang disajikan selama perjalanan KA.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.4596 seconds (0.1#10.140)