Identifikasi Sebaran Tabloid Indonesia Barokah, Bawaslu Bentuk Timsus

Kamis, 24 Januari 2019 - 22:43 WIB
Identifikasi Sebaran Tabloid Indonesia Barokah, Bawaslu Bentuk Timsus
Ketua Bawaslu Jabar Abdullah Dahlan. Foto/SINDOnews/Agung Bakti Sarasa
A A A
BANDUNG - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Barat membentuk tim khusus untuk mengidentifikasi penyebaran Tabloid Indonesia Barokah di Provinsi Jabar.

Berdasarkan identifikasi awal, Bawaslu Jabar mencatat, sebaran tabloid yang memuat pemberitaan tendensius terhadap calon presiden-wakil presiden (capres-cawapres) nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno tersebut sudah menyebar di 13 kabupaten/kota di Jabar.

Ketua Bawaslu Jabar Abdullah Dahlan menyebutkan, daerah yang teridentifikasi sebagai wilayah penyebaran tabloid di antaranya Kabupaten Bandung, Garut, Tasikmalaya, Subang, Ciamis, Majalengka, dan Cirebon.

"Kami akan dalami, sudah dibentuk tim. Nanti kami juga berkoordinasi dengan KPU (Komisi Pemilihan Umum). Sejauh inI, laporannya ada di 13 daerah," sebut Abdullah melalui sambungan telepon selulernya, Kamis (24/1/2019).

"Kami juga dalami dari perspektif produk, ini ada kaitan dengan pemilu (pemilihan umum) atau tidak," sambungnya.

Dia berharap, hasil temuan dan investigasi bisa segera rampung dan disampaikan ke publik. Namun, Abdullah meminta semua pihak bersabar dan menghormati proses yang ditempuh Bawaslu Jabar.

Sebelumnya, Badan Pemenangan Nasional (BPN) pasangan capres-cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno melaporkan keberadaan tabloid tersebut setelah memuat pemberitaan yang tendensius terhadap Prabowo-Sandi.

"Kami sudah laporkan kepada pihak yang berwajib karena tabloid-tabloid itu kan isinya tendensius dan juga tidak jelas penerbitnya, berpotensi untuk mengganggu ketertiban umum serta memecah belah," kata Direktur Advokasi dan Hukum BPN Sufmi Dasco Ahmad di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu 23 Januari 2019, kemarin.

Diketahui, Tabloid Indonesia Barokah beredar di daerah Jawa Barat dan Jawa Tengah. Bahkan beredar dari masjid-masjid di kedua provinsi tersebut. Pelaporan terhadap Tabloid Indonesia Barokah telah dilakukan sejak pekan lalu.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.4351 seconds (0.1#10.140)