Sumur Gas Bocor, Pertamina Lakukan Pendinginan

Rabu, 23 Januari 2019 - 18:10 WIB
Sumur Gas Bocor, Pertamina Lakukan Pendinginan
Pegawai Pertamina tengah melakukan pendinginan sumur gas yang bocor. Foto/INewsTV/Toiskandar
A A A
INDRAMAYU - Pascakebocoran sumur gas JTB 55 di Blok Truwali, Desa Kedokan Bunder Wetan, Kecamatan Kedokan Bunder, Kabupaten Indramayu, Rabu (23/1/2019) sore, PT Pertamina Asset III Region Jawa Jatibarang berupaya melakukan pendinginan. Langkah ini dilakukan agar sumur gas tidak meledak.

Renita Yulia Public Relation Pertamina Asset III Region Jawa Jatibarang mengatakan, kebocoran gas tersebut diduga disebabkan oleh patahan pipa yang keropos akibat korosi. Sehingga, gas bertekanan tinggi muncul ke permukaan.

"Untuk memastikan penyebab ledakan dan kebocoran ini, kami masih melakukan investigasi di sumur gas JTB 55. Saat ini, Pertamina melakukan pendinginan sumur gas agar tidak terjadi ledakan," kata Renita di Indramayu.

Selain mengatasi kebocoran, ujar Renita, pihaknya juga mendata warga terdapak bocornya sumur gas bersama pihak Kecamatan Kedokan Bunder dan pemerintah desa setempat.

"PT Pertamina Asset III Region Jawa masih melakukan investigasi terkait bocornya sumur gas aktif yang terletak tidak jauh dari lokasi pemukiman warga tersebut.

Hingga Rabu sore menjelang petang, sumur gas masih menyemburkan gas. Akibatnya ratusan warga yang tinggal di sekitar lokasi sumur, panik. Mereka khawatir sumur gas aktif tersebut meledak sehingga mengakibatkan dampak yang lebih besar dan fatal.

Menurut warga, peristiwa bocornya sumur gas tersebut diawali dengan ledakan sebanyak satu kali. Ledakan terdenger hingga radius 1 kilometer (km). "Kondisi ini membuat warga di sekitar lokasi sumur panik," kata warga.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.3328 seconds (0.1#10.140)