Universitas Padjadjaran Buka Seleksi Mandiri Jurusan Akademik

Rabu, 23 Januari 2019 - 13:30 WIB
Universitas Padjadjaran Buka Seleksi Mandiri Jurusan Akademik
Universitas Padjadjaran (Unpad) tahun ini membuka jalur seleksi mandiri melalui Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran (SMUP) untuk jenjang S1 akademik. Istimewa
A A A
BANDUNG - Universitas Padjadjaran (Unpad) tahun ini membuka jalur seleksi mandiri melalui Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran (SMUP) untuk jenjang S1 akademik. Untuk jalur ini, Unpad menyiapkan kuota 25% dari total kursi yang tersedia di Unpad.

Rektor Unpad Tri Hanggono Achmad mengatakan, berbeda dengan tahun sebelumnya, kali ini SMUP Unpad menerima jurusan akademik. Sebelumnya, SMUP hanya untuk Prodi D4 (S1 Terapan), S2, S3, Spesialis dan Keprofesian.

"Ini merupakan respons atas kebijakan Kemenristekdikti yang memungkinkan seleksi PTN dengan komposisi kuota SNMPTN minimum 20%, SBMPTN minimum 40%, dan kuota seleksi mandiri maksimum 30%," kata Tri Hanggono dalam siaran persnya, Rabu (23/1/2019).

Kendati Unpad membuka SMUP, tidak semua jurusan akademik bisa diambil melalui jalur seleksi ini. Hanya program studi tertentu yang bisa diambil.

Selain itu, seleksi jalur SMUP akan menggunakan hasil penilaian dari Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) pada Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Ada pula beberapa seleksi tambahan yang disesuaikan dengan kebijakan yang berbeda pada masing masing prodi. Misalnya tes TOEFL dan wawancara, kemampuan berenang, dan lainnya.

Terkait biaya, mahasiswa yang menempuh jalur mandiri (SMUP) dikenakan biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT) nilai tertinggi. Sedangkan mereka yang lolos seleksi SNMPTN dan SBMTPN dikenakan biaya UKT yang tidak dibedakan.

Selain itu, mahasiswa juga dikenakan biaya Dana Pengembangan (DP) dengan besaran yang berbeda-beda tergantung pada kebijakan prodi masing-masing. Adapun rentang besaran DP antara Rp20 juta sampai Rp130 juta untuk prodi-prodi saintek. Sementara, prodi sosial dan hukum antara Rp15 juta hingga Rp75 juta.

Untuk diketahui, komposisi kuota (daya tampung) Unpad untuk penerimaan mahasiswa baru 2019 ini adalah 25% untuk SNMPTN, 50% untuk SBMPTN, 25% untuk SMUP (Mandiri).
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.3430 seconds (0.1#10.140)