alexametrics
TOPIK TERPOPULER

Saat Lebaran, Trafik Layanan Seluler Diprediksi Naik 40%

Intan Rakhmayanti Dewi
Saat Lebaran, Trafik Layanan Seluler Diprediksi Naik 40%
Kementerian Komunikasi dan Informatika memprediksi kenaikan trafik layanan selular sekitar 30-40% saat Lebaran 2020. Ilustrasi/Foto/SINDOnews

JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika memprediksi kenaikan trafik layanan selular sekitar 30-40% saat Lebaran 2020. Padahal jika dalam keadaaan normal Lebaran tahun ini diperkirakan trafik hanya naik 20-30%.

Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate, mengatakan ada beberapa upaya yang dilakukan dalam mempersiapkan jaringan telekomunikasi untuk mengantisipasi lonjakan trafik. Adapun langkah yang diambil untuk menambah kapasitas pada BTS untuk mengantisipasi lonjakan trafik dan menyiapkan mobile BTS apabila diperlukan.

Sampai saat ini, berdasarkan data yang disampaikan oleh operator, terdapat sekitar 178 mobile BTS yang dikerahkan untuk mengantisipasi lonjakan trafik pada kondisi Darurat Covid-19, dari keseluruhan BTS secara Nasional sejumlah 479.125. (Baca juga; Penggunaan Internet Tinggi, Trafik Telkom Melonjak 25%)



Menjaga keberlangsungan jaringan telekomunikasi di titik-titik strategis pada kondisi PSBB yaitu di area pemukiman, jalan tol, puskemsas dan rumah sakit rujukan layanan COVID-19. Juga, melakukan monitoring jaringan telekomunikasi melalui Network Operation Center (NOC) yang beroperasi selama 24 jam, 7 hari dalam seminggu.

"Menjelang hari Raya Idul Fitri Tahun 2020, mudik menjadi salah satu kebiasaan masyarakat Indonesia setiap tahunnya. Namun, dalam kondisi seperti saat ini dalam rangka Idulfitri 1441 H Kementerian Kominfo mengampanyekan silaturahmi digital: Tidak Perlu Pulang Mudik, namun Silaturahmi Tetap Terjalin," ujar Johnny saat konferensi pers online, Jumat (22/5/2020). (Baca juga; Indosat Ooredoo Tingkatkan Kapasitas Jaringan untuk Antisipasi Lonjakan Trafik)



(wib)

preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak