Tahun Ini Pangandaran Tak Berangkatkan Peserta Transmigrasi

Senin, 21 Januari 2019 - 11:37 WIB
Tahun Ini Pangandaran Tak Berangkatkan Peserta Transmigrasi
MoU Penyerahan Peserta Transmigrasi Tahun 2018 Pemda Pangandaran dengan Pemprov Sulawesi Utara. Foto/Istimewa
A A A
PANGANDARAN - Lantaran terkendala anggaran, Pemkab Pangandaran pada tahun ini tidak memberangkat transmigran. Padahal, Pemerintah Provinsi Jawa Barat teleh menyediakan kuota.

Kepala Seksi Transmigrasi di Dinas Tenaga Kerja Industri dan Transmigrasi Kabupaten Pangandaran Engkus Saefuloh mengatakan, tahun 2019 Pangandaran tidak melaksanakan pemberangkatan transmigran. "Padahal kuota untuk pelaksanaan pemberangkatan transmigrasi dari Pemerintah Provinsi sudah disediakan," kata Engkus, Senin (21/1/2019).

Tidak dilaksanakannya program transmigrasi karena anggaran untuk pemberangkatan yang harusnya didanai APBD Kabupaten tidak teralokasikan. "Pada anggaran tahun 2019 kami hanya punya kegiatan evaluasi dan monitoring untuk masyarakat yang diberangkatkan pada tahun sebelumnya," ujar Engkus.

Engkus menambahkan, kegiatan evaluasi dan monitoring yang bakal dilaksanakan rencananya meninjau peserta transmigrasi di Kalimantan Barat yang telah diberangkatkan pada tahun sebelumnya.

"Untuk tahun 2019 Dinas Tenaga Kerja Industri dan Transmigrasi sudah menerima permohonan sebanyak 24 kepala keluarga dengan jumlah jiwa 60 orang," jelas Engkus.

Saat rapat koordinasi di Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Kabupaten Pangandaran sudah diberi kuota, namun waktu itu juga Engkus memberikan keputusan tidak mengambil kuota.

"(Padahal) Minat dari warga untuk menjadi peserta transmigrasi di Pangandaran tergolong tinggi, karena banyak peserta transmigrasi yang telah diberangkatkan sukses secara ekonomi," jelas Engkus.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.8979 seconds (0.1#10.140)