alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Jokowi Tinjau Jalur KA di Cibatu yang Akan Direaktivasi

Agus Warsudi
Jokowi Tinjau Jalur KA di Cibatu yang Akan Direaktivasi
Presiden Joko Widodo saat tiba di Stasiun Cibatu, Kabupaten Garut. Foto-foto/Istimewa/Bid Humas Polda Jabar

GARUT - Presiden RI Joko Widodo didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi beserta rombongan, meninjau jalur kereta api (KA) yang akan direaktivasi di Kecamatan Cibatu, Kaupaten Garut, Jumat ( 18/1/2019).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Agraria Sofyan Djalil, Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Kapolda Jabar Irjen Pol Agung Budi Maryoto, Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Tri Soewandono.

Diketahui, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan meraktivasi dua jalur kereta api (KA) di Jawa Barat, yaitu jalur Bandung-Garut dan Cianjur-Bandung. Proses reaktivasi tersebut akan dikerjakan tahun ini dan akan diteruskan hingga ke Bandara Kertajati untuk mendukung aksesibilitas bandara tersebut.



"Nanti jalur-jalur tersebut akan diteruskan ke Bandara Kertajati, ini jalur-jalur yang nanti menjadi jangkar karena seperti kita ketahui kereta api sebagai suatu angkutan yang paling digemari masyarakat, murah, tidak ada polusi dan tepat waktu. Tahun ini kedua jalur reaktivasi tersebut ditargetkan akan selesai," ujar Menhub Budi Karya di Jakarta, Jumat (18/1/2019).

Lebih lanjut Menhub menjelaskan, kedua jalur tersebut dibangun dengan skema pendanaan yang berbeda. Jalur KA Bandung-Garut dibiayai oleh PT KAI, sedangkan jalur KA Cianjur-Bandung akan dibiayai oleh Kementerian Perhubungan.

"Reaktivasi dimulai tahun ini, Jadi mulai tahun ini PT KAI sudah melakukan yang dari Bandung ke Garut, sedangkan dari Kemenhub melakukan dari Cianjur menuju ke Bandung," kata Menhub.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Trunoyudo Wisnuandiko mengatakan, seusai meninjau jalur KA, Presiden melanjutkan kegiatan mengecek langsung realisasi sambungan listrik gratis bagi keluarga tidak mampu.

Setelah itu, ujar Kabid Humas, Presiden dan rombongan menuju masjid di Alun-alun Kecamatan Cibatu. Di sini, Presiden Joko Widodo melakukan pertemuan dengan masyarakat Kecamatan Cibatu.

"Dalam kesempatan itu, Presiden menyerahkan sertifikat tanah Wakaf untuk masjid, musala, lembaga pendidikan, dan pondok pesantren. Sertifikat diberikan secara simbolis kepada 15 orang," ujar Kabid Humas.

Jokowi Tinjau Jalur KA di Cibatu yang Akan Direaktivasi

Truno menuturkan, selama pelaksanaan kunjungan kerja Presiden RI Joko Widodo ke Kabupaten Garut, situasi dan kondisi dalam keadaan aman dan terkendali. "Ini berkat sinergitas antara TNI dan Polri dalam melaksanakan pengamanan," tutur Truno.



(awd)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif