Perebutkan Piala Panglima TNI, MP Open 2019 Padukan Pencak Silat, Entertainment dan Edukasi

Jum'at, 18 Januari 2019 - 15:21 WIB
Perebutkan Piala Panglima TNI, MP Open 2019 Padukan Pencak Silat, Entertainment dan Edukasi
Ketua Umum Panitia Pelaksana MP Open 2019 DR. H. Abdul Kharis Almasyhari menjawab pertanyaan wartawan saat Launcing MP Open 2019 di Padepokan Pencak Silat TMII, Kamis 17 Januari 2019. Foto Ist
A A A
JAKARTA - Kejuaraan Pencak Silat Merpati Putih (MP) Open 2019 yang diselenggarakan Perguruan Pencak Silat (PPS) Bela Diri Tangan Kosong (Betako) Merpati Putih pada 28 Februari hingga 2 Maret 2019 akan memperebutkan Piala Panglima TNI. Kegiatan akbar yang akan dilaksanakan di Gelanggang Olahraga (GOR) Jalan Raya Bogor, Ciracas, Jakarta Timur ini akan memadukan unsur beladiri pencak silat, entertainment dan edukasi.

"MP Open adalah event pertandingan yang pertama kalinya digelar oleh Perguruan Merpati Putih dan juga yang pertama kalinya diadakan sebuah event pertandingan silat yang memadukan tiga unsur yaitu Kompetisi, Edukasi dan Entertainment," kata Yuwono Darpito selaku Ketua Pelaksana MP Open yang juga Ketua Pengurus Daerah Merpati Putih Jawa Barat ini dalam pernyataan tertulis yang diterima SINDOnews.

Yuwono menerangkan, unsur Edukasi yang dimasukan dalam ajang ini yaitu dengan menggelar Seminar Parenting oleh psikolog, ahli olahraga dan Badan Narkotika Nasional dengan sasaran peserta adalah orang tua, guru dan pelatih. Sedangkan unsur Entertainment dengan menggelar Marching Band, Reog Ponorogo, Sisingaan, Silat Bercerita, Live Music oleh Grup Band disamping pencatatan Rekor MURI atas peragaan jurus tunggal oleh seluruh peserta MP Open.

Sementara, untuk Kompetisi, kata Yuwono, akan dibagi menjadi dua yaitu Pemasalan dan Prestasi. Untuk Pemasalan terbagi menjadi Pertama, Kategori Tanding yang akan diikuti dari tingkat SD dan SMP. Kedua, Katagori Jurus Tunggal Tangan Kosong.

"Kategori Tanding pembagian kelasnya akan diklasifikasikan dan disesuaikan dengan data yang ada dari surat keterangan dokter dan formulir pendaftaran. Sementara Jurus Tunggal Tangan Kosong, pengelompokan maksimal 3 bagan untuk SD dan SMP dengan kuota 100 peserta," kata Mas Yuwono sapaan akrab pria yang juga suka bersepeda dan motor trail ini.

Sedangkan untuk Prestasi, lanjut dia, akan memakai sistem gugur dengan usia 17–27 tahun kelahiran 2002 –1992 serta menggunakan sistem bagan dari Penyisihan, Perempat Final, Semi Final dan Final.

"Khusus untuk Prestasi, Piala Bergilir Panglima TNI akan diberikan kepada Juara umum I selain Piala Tetap Kepala Staf TNI AD. Untuk Juara Umum II dan III akan diberikan Piala Tetap. Sementara bagi Pesilat terbaik Putra akan diberikan Piala Tetap Kepala Staf TNI AU dan bagi Pesilat Terbaik Putri akan diberikan Piala Tetap Kepala Staf TNI AL," jelas Yuwono.

Selain itu kata dia, event ini akan memperebutkan total uang pembinaan total Rp50 juta bagi para juara. Penentuan penerima uang pembinaan, kata dia, akan diperhitungkan dari Jumlah Medali Terbanyak setiap Kontingen.

Dia menegaskan, Kejuaraan antar Perguruan Pencak Silat Nasional Merpati Putih Open 2019 ini dilakukan dalam rangka mewujudkan semangat Paseduluran, Saling Hormat dan Mental Juara dan ini adalah sebuah event persembahan Merpati Putih Pengda Jabar untuk insan Pencak Silat Dunia.

Ketua Umum Panitia Pelaksana MP Open 2019 DR. H. Abdul Kharis Almasyhari, MM. AK mengatakan, penyelenggara kegiataan Kejuaraan Pencak Silat Merpati Putih Open 2019 adalah PPS Betako Merpati Putih Pengurus Daerah Jawa Barat bekerjasama dengan Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Indonesia (PB IPSI) dan Korps Lembaga Wasit Juri DKI Jakarta.

"Bentuk kegiatan Kejuaraan Pencak Silat Merpati Putih Open adalah Kejuaraan Nasional Pencak Silat dengan sistim pertandingan Prestasi dan Pemassalan. Selain itu juga diadakan Pencatatan Rekor MURI untuk peragaan Jurus Tunggal Tangan Kosong yang diikuti 2.000 pesilat. Termasuk diadakan Seminar Parenting dengan tema Pendidikan Anak melalui Olahraga akan membentuk manusia Indonesia yang berkarakter dan berbudi luhur," ungkap Abdul Kharis Almasyhari yang juga Ketua Komisi I DPR RI ini kepada awak media saat Launcing MP Open, di Padepokan Pencak Silat TMII, Jakarta, Kamis 17 Januari 2019.

Abdul Kharis Almasyhari, ini mengatakan, maksud dan tujuan diadakannya kejuaraan MP Open ini adalah untuk melestarikan pencak silat sebagai budaya bangsa, mempererat tali persaudaraan dan silaturahmi antar perguruan pencak silat, menjaring pesilat potensial, berbakat dan berprestasi untuk mewakili Indonesia dipertandingan- pertandingan skala Nasional maupun Internasional serta sebagai sarana evaluasi para pembina dan pelatih menjadi lebih baik.

Pewaris PPS Betako Merpati Putih Amos Priono Tri Nugroho mengaku bangga dan sangat antusias mendukung terlaksananya Merpati Putih Open 2019 ini. "Suksesnya kegiatan ini sebagai perwujudan sumbangsih pembinaan atlit pencak silat yang terarah terukur dan berkesinambungan oleh PPS Betako Merpati Putih," pungkas Mas Amos sapaan akrab Amos Priono Tri Nugroho ini.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.0349 seconds (0.1#10.140)