Irit Bicara saat Debat Perdana, Ma'ruf Amin Bilang Begini

Jum'at, 18 Januari 2019 - 13:33 WIB
Irit Bicara saat Debat Perdana, Maruf Amin Bilang Begini
Jokowi-Maruf Amin saat Debat Perdana Capres-Cawapres. Foto/SINDOnews/Isra Triansyah
A A A
JAKARTA - Disorot lantaran irit bicara saat Debat Perdana Capres-Cawapres tadi malam, Calon Wakil Presiden (Cawapres) Nomor Urut 01 KH Ma'ruf Amin akhirnya buka suara. Menurut KH Ma'ruf, debat semalam memang lebih dominan kepada presiden. Abah, sapaan akrabnya, hanya menambahkan jika dirasa perlu.

"Karena dia presiden. Makanya tadi malam pun saya tidak banyak bicara, hal-hal yang perlu saya tambahkan saja," ujar KH Ma'ruf di kediamannya, Jalan Situbondo, Menteng, Jakarta, Jumat (18/1/2019).

Kiai Ma'ruf menganggap, jika sudah banyak dijelaskan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), dirinya hanya tinggal menyetujui. "Jangan seperti orang balapan ngomong, kayak saur manuk," ucapnya.

Selain itu, mantan Rais Aam PBNU itu berdalih kenapa dirinya memilih sedikit bicara karena kebijakan Jokowi yang banyak dikritik Capres Prabowo Subianto. Sehingga, Jokowi yang memiliki pengalaman dan paham persoalan, yang lebih dominan menjawab.

Kendati begitu, Kiai Ma'ruf mengaku tetap berbicara jika hal tersebut menyangkut isu terorisme yang memang sejak awal dikhususkan kepada dirinya. "Walaupun saya ngomong soal lain, ada soal difabel, disabilitas, juga soal reformasi hukum dengan penataan regulasi," pungkasnya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 5.6550 seconds (0.1#10.140)