Pencuri Spesialis Tempat Kos Ini Selalu Beraksi saat Salat Jumat

Kamis, 17 Januari 2019 - 12:22 WIB
Pencuri Spesialis Tempat Kos Ini Selalu Beraksi saat Salat Jumat
Kapolsek Sukasari Kompol Sukmawijaya didampingi Kanit Reskrim AKP Firdaus Iskandarsyah. Foto/SINDOnews/Agus Warsudi
A A A
BANDUNG - Ketika semua pria muslim melaksanakan salat Jumat, Alex Mustofa (25) tidak menunaikan ibadah wajib itu. Dia justru melakukan aksi pencurian di tempat kos.

Saat azan salat Jumat berkumandang dan semua pria penghuni tempat kosberangkat ke masjid, Alex pun beraksi. Berbekal obeng dan linggis, Alex menyatroni beberapa tempat kos di kawasan Sukasari.

Di tempat kos dia merasa bebas karena tak ada orang. Sambil mengintip lewat jendela, Alex mencari barang-barang berharga. Setelah mendapatkan sasaran, seperti laptop, telepon seluler (ponsel), kemeja, jaket, sweater, sepatu, uang, dan barang berharga lain, pria berkepala pelontos ini pun mencongkel jendela atau pintu.

Barang-barang yang bisa dijual kembali dengan harga lumayan tersebut dimasukkan ke tas ransel dan dibawa kabur pria yang lengan kanan dan kirinya bertato ini.

Namun, penjarahan tempat kos Kampung Cillimus RT 01/04, Kelurahan Isola, Kecamatan Sukasari, Kota Bandung, yang dilakukan Alex merupakan aksi yang terakhir.

Pasalnya, anggota Unit Reskrim Polsek Sukasari yang dipimpin oleh Kanit Serse AKP Firdaus Iskandarsyah berhasil meringkus Alex. Lantaran mencoba melarikan diri dan melawan saat akan ditangkap, polisi terpaksa menembak betis kiri Alex yang merupakan residivis kasus pencurian motor itu.

Kapolsek Rancasari Kompol Sukmawijaya mengatakan, Alex merupakan pencuri spesialis tempat kos. Kepada penyidik pria pengangguran ini mengaku telah puluhan kali beraksi mencuri di tempat kos. Sebagian besar tempat kos sasaran yang dihuni mahasiswa atau pegawai.

"Dia (Alex) ini selalu beraksi saat orang-orang salat Jumat. Saat itu, tempat kos sedang sepi karena penghuninya melaksanakan salat Jumat atau kuliah," kata Sukmawijaya didampingi Kanit Reskrim AKP Firdaus Iskandarsyah di Mapolsek Sukasari, Jalan Gegerkalong Hilir, Kota Bandung, Kamis (17/1/2019).

Pencuri Spesialis Tempat Kos Ini Selalu Beraksi saat Salat Jumat


Perbuatan Alex, ujar Kapolsek, telah membuat resah masyarakat. Sebab, di wilayah Sukasari cukup marak terjadi aksi pencurian di tempat-tempat kos. Pada Jumat 21 Desember 2018, Polsek Sukasari menerima laporan pencurian yang terjadi di tempat kos di Kampung Cilimus, Isola.

"Berdasarkan laporan itu, anggota Unit Reskrim melakukan penyelidikan. Hasilnya, mengarahkan kepada tersangka Alex. Tindakan penangkapan pun dilakukan. Namun saat akan diringkus, pelaku Alex melawan. Sehingga, anggota mlakukan tindakan tegas dan terukur dengan menembak kaki Alex," ujar Kapolsek.

Dari penangkapan itu, tutur Sukmawijaya, anggota berhasil mengamankan sejumlah laptop, ponsel, sepatu, jaket, perhiasan, dan sweater yang merupakan hasil curian Alex.

Kini, Alex harus mendekam di sel tahanan Mapolsek Sukasari untuk pertanggungjawabkan perbuatannya. Polisi menjerat Alex dengan Pasal 363 KUHPidana tentang Pencurian disertai Pemberatan. Alex terancam hukuman 5 tahun penjara.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.7621 seconds (0.1#10.140)